Berita

Presiden Jokowi Menjalani Vaksinasi Covid-19 Hari ini

BIMATA.ID, Jakarta — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan menjalani vaksinasi covid-19 pada hari ini, Rabu, 13 Januari. Proses vaksinasi rencananya akan dilakukan pada pagi hari, sekitar pukul 9.00 WIB.

Proses penyuntikan vaksin covid-19 Presiden Jokowi akan disiarkan secara langsung melalui live streaming yang disiarkan di akun Sekretariat Presiden.

“Vaksinasi perdana jam 8.55 WIB. Live streaming di youtube Setpres,” kata rilis dari Kantor Staf Presiden, Rabu 13/1/2021.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin covid-19 buatan perusahaan farmasi asal China, Sinovac.

Kepala BPOM Penny Lukito menjelaskan, dengan dikeluarkannya izin darurat penggunaan, vaksin Sinovac telah mendapat izin untuk digunakan dalam program vaksinasi.

“Badan POM memberikan persetujuan penggunaan dalam kondisi emergensi, emergency use authorization untuk vaksin covid-19 yang pertama kali kepada vaksin Corona vax produksi Sinovac Biotech Incorporated yang bekerja sama dengan PT Bio Farma,” katanya, dalam konferensi pers daring, Senin, 11 Januari.

Penny mengatakan, izin penggunaan darurat ini diberikan setelah BPOM mengkaji hasil uji klinis tahap III vaksin yang dilakukan di Bandung. Selain itu, BPOM juga mengkaji hasil uji klinis vaksin Sinovac yang dilakukan di Turki dan Brasil.

Hasil uji klinis fase ketiga di Indonesia menunjukan tingkat efikasi vaksin Sinovac mencapai 65,3 persen. Adapun hasil uji klinis di Turki menunjukkan tingkat kemanjuran Corona Voc mencapai 91 persen dan 78 persen di Brasil.

Menurut Penny, hasil uji klinis di Indonesia ini, sudah sesuai persyaratan badan kesehatan dunia, WHO.

“Hasil tersebut sudah sesuai persyaratan WHO, minimal efficacy adalah 50 persen,” tuturnya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close