Regional

Meningkatnya Angka Covid-19, Satgas Magetan Akan Bentuk Petugas Penguburan Jenazah

BIMATA.ID, Magetan — Seiring meningkatnya kasus meninggal karena terkonfirmasi Covid-19 Kepala Sekretariat Satgas Covid-19 Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Ari Budi Santosa, akan membentuk tim penanganan penguburan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal diluar penanganan rumah sakit.

“Kami akan membentuk tim pemulasaraan, nantinya juga ada yang dari petugas pemakaman. Ini karena pasien Covid-19 yang meninggal di rumah untuk penanganan pemulasaraan jenazahnya belum tertangani secara baik,” ungkap Ari Budi, Jumat (29/01/2021).

Ia mengatakan, Mereka nantinya akan mendapatkan pelatihan terkait tata cara atau safety penanganan pemulasaraan jenazah.

Fakta di lapangan, per hari kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magetan sudah mencapai dua digit. Bahkan, tim penguburan jenazah yang ada sampai keteteran.

“Pernah dalam satu hari mengubur 10 orang meninggal karena Covid-19, karena terbatas mereka terlihat sangat lelah,” ujar Ari.

Pihaknya, juga menyiapkan SOP untuk orang yang meninggal karena Covid-19 ataupun mengarah ke Covid-19 dari rumah sakit maupun puskesmas.

“Nantinya akan disiapkan APD untuk pemakaman. Intinya kita harus bersinergi dan saling menjaga. Demi kebaikan bersama,” pungkasnya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close