BeritaHeadlineHukumPolitik

Mahfud MD Akui Sudah Serahkan Nama-Nama Calon Kapolri Ke Presiden Jokowi

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Republik Indonesia (RI), Mahfud MD, membenarkan bahwa dirinya selaku Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menyerahkan nama-nama calon Kapolri ke Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikan Mahfud untuk mengonfirmasi berita yang beredar soal Kompolnas yang disebut-sebut telah menyampaikan nama-nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) ke Presiden Jokowi.

“Mengonfirmasi berbagai berita: benar penjelasan Pak Benny Mamoto dan Pak Wahyudanto dari Kompolnas bahwa selaku Ketua Kompolnas saya sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri untuk dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR,” tulisnya, lewat akun Twitter pribadi @mohmahfudmd, Jumat (8/1/2021).

Kendati begitu, Mahfud tidak membeberkan nama-nama calon Kapolri tersebut. Namun, dia memastikan terkait pangkat dari calon Kapolri yang telah diajukan ke Presiden Jokowi.

“Yang diajukan semua jenderal bintang 3, tidak ada yang masih bintang 2,” ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menyerahkan lebih dari satu nama kandidat Kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Azis ke Presiden Jokowi. Akan tetapi, Ketua Kompolnas, Benny Mamoto merahasiakan identitas lengkap nama-nama calon Kapolri yang telah diserahkan ke Presiden Jokowi pada hari Rabu 6 Januari kemarin lusa.

Benny mengungkapkan, nama tersebut diambil oleh Kompolnas berdasarkan masukan dari masyarakat, purnawirawan, akademisi, LSM, tokoh masyarakat, media hingga internal Polri.

“Untuk nama-nama tidak akan kami publikasikan karena masih bersifat rahasia,” ungkapnya.

Kemudian Benny menjelaskan, setelah nama calon Kapolri diserahkan ke Presiden Jokowi, selanjutnya Presiden akan menyerahkan nama Kapolri pilihannya kepada DPR RI untuk jalani fit and proper test.

“Jadi nanti tinggal menunggu Presiden serahkan nama Kapolri ke DPR, kita tunggu saja,” jelasnya.

Seperti diketahui, Jenderal Polisi Idham Azis akan mengakhiri jabatannya sebagai Kapolri pada 1 Februari. Sejumlah kandidat mulai bermunculan, yang paling santer adalah Kepala BNPT, Komjen Polisi Boy Rafli Amar dan Kabareskrim, Komjen Polisi Listyo Sigit.

Namun demikian, di luar calon tersebut adapula nama Wakapolri, Komjen Polisi Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri, Komjen Polisi Agus Andrianto.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close