Nasional

Gerindra Menilai Peran Penting Komite dan Kepsek Untuk Kontrol Kebijakan Sekolah

BIMATA.ID, Jakarta — Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Ali Zamroni, mengatakan perlunya peranan dan kontrol kepala sekolah (Kepsek) dan komite sekolah terhadap para guru di sekolah agar Kejadian Viral yang menunjukkan siswi non muslim SMK Negeri 2 Padang, Sumatera Barat (Sumbar), diminta memakai jilbab oleh pihak sekolah.

“Perlu ada peranan dan kontrol dari kepala sekolah kepada para guru-guru di setiap sekolah tersebut. Juga yang tidak kalah penting peranan komite sekolah sebagai wadah untuk melakukan kontrol terhadap semua kebijakan sekolah. Kita berharap setiap wali siswa tidak segan melaporkan hal-hal yang dianggap janggal dan di luar kewajaran terhadap hal-hal yang terjadi di sekolah,” ujarnya. Senin (25/01/2021).

Ali mengatakan, tidak boleh ada pemaksaan di lingkungan sekolah. Ia menilai seharusnya sekolah bebas dari segala kepentingan, termasuk kewajiban memakai atribut jilbab bagi siswi non muslim.

“Pada prinsipnya tidak boleh ada pemaksaan apa pun di lingkungan sekolah. Karena sekolah harus terbebas dari segala kepentingan apapun, termasuk kewajiban jilbab bagi non muslim ini,” ujarnya.

Legislator Gerindra Itu Pun mengapresiasi pihak sekolah yang segera memberikan respons permintaan maaf berharap kejadian tersebut tidak terulang karena dapat mencoreng dunia pendidikan di Indonesia.

“Kasus ini jangan sampai terulang, karena akan mencoreng dunia pendidikan kita,” kata Ali.

Ia pun Berharap, di masa pandemi Covid-19 Indonesia tetap mampu menghasilkan peserta didik yang berprestasi.

“Tapi saya mengapresiasi kepada pihak sekolah yang langsung meminta maaf. Di masa pandemi ini hendaknya kita semua bergandengan tangan bersama-sama supaya pendidikan kita tetap bisa melahirkan anak didik yang berprestasi,” tutupnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close