Regional

Damkar Bogor Menerima Laporan RS Rujukan Covid-19 Terbakar

BIMATA.ID, Bogor — Berdasarkan data yang diterima Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, Nurul Qolbi mengatakan, pihaknya menerima laporan sekitar pukul 05.03 WIB kebakaran di Rumah Sakit (RS) Sentra Medika Cibinong, Kabupaten Bogor, Api diduga berasal dari korsleting listrik di ruangan di lantai dasar tersebut Kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian.

“Sampai di lokasi kejadian jam 05.20 WIB. Yang sampai ke lantai 2 hanya efek asap, (api) masih di lantai bawah,” kata Qolbi, Rabu (27/1/2021).

Qolbi menjelaskan, setibanya di lokasi kejadian, kepulan asap sudah memenuhi lantai dasar RS Cibinong. Sementara, api melahap meja, bangku, printer, serta berkas di Ruang Upt BPTS seluas sekitar 4 x 4 meter. Serta tidak merembet ke ruangan lain, meski berdekatan dengan ruang tunggu.

Sekitar jam 05.50 WIB atau 30 menit kemudian, tim pemadam kebakaran sudah selesai melakukan penanganan. Qolbi mengatakan, kebakaran di RS rujukan Covid-19 tersebut cepat ditangani, sebab RS Sentra Medika memiliki alat proteksi lengkap. Sehingga, pihak RS sudah sempat menangani api dengan alat pemadam api ringan (APAR) yang sudah tersedia.

“Jadi titik awal api yang masih skala kecil bisa di-handle sama APAR. Mereka menelepon karena asap sudah di mana-mana, takutnya ada titik lain. Mereka langsung telepon kita dan kita mengecek seluruh ruangan di mana aja,” jelas Qolbi.

Dalam kejadian ini, lanjutnya, tidak terdapat korban jiwa maupun luka-luka. Selain itu, Qolbi mengaku tidak melihat adanya evakuasi pasien saat kejadian berlangsung. Diperkirakan, evakuasi pasien di ruang rawat inap di lantai dua sudah ditangani sebelum tim pemadam kebakaran tiba di lokasi.

“Kalau dari tim kita melihat pasien yg terevakuasi sih nggak. Karena pas pertama kejadian semepat tertangani sama mereka. Jadi sambil mereka menangani api yang masih kecil, mungkin mereka sambil evakuasi kejadian,” ujarnya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close