Politik

Trend Corona Terus Naik, Ini Saran Novita Wijayanti

BIMATA.ID, JAKARTA — Trend terbaru kasus positif coronavirus (Covid-19) yang kian signifikan merangkak terus naik, menjadi perhatian semua pihak. Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Novita Wijayanti misalnya. Ia khawatir hingga di akhir tahun 2020 tidak menunjukan trend adanya penurunan.

Atas kondisi itu, Novita menyarankan agar pemerintah dan pihak terkait untuk mengevaluasi penanganan terhadap penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia.

“Pemerintah agar segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap strategi penanganan pandemi Covid-19, terlebih jelang Natal dan Tahun Baru nanti,” kata Novita kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Dalam kesempatannya itu, Novita juga mengingatkan, pemerintah untuk dapat menangkap kekhawatiran masyarakat yang saat ini mulai lelah untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes), meski kasus akibat pandemi terus bertambah.

Seperti catatan yang disampaikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebutkan 180 dokter meninggal akibat Covid-19 hingga awal Desember 2020 ini.

“Ada baiknya kita mawas diri, introspeksi langkah penanggulangannya. Jangan sampai masyarakat lelah dan tidak mau lagi mematuhi protokol kesehatan,”sebut legislatif dari Dapil Cilacap-Purwokerto itu.

Oleh karena itu, Novita mendorong pemerintah menguatkan pencegahan dari sisi hulu, dengan memperluas bantuan vitamin sebagai upaya menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Hingga vaksin Covid-19 sudah dapat diproduksi dan aman dikonsumsi masyarakat nantinya.

Hal lain yang tidak kalah penting, lanjut dia, adalah menguatkan sinergi birokrasi, pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam rangka mengoptimalkan penanganan pandemi Covid-19.

“Sebab hal ini tentang kemanusiaan, maka sinergi sangat penting. Dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, Pemerintah memperbaharui informasi perkembangan kasus harian Covid-19 pada Rabu (9/12/2020). Berdasarkan data yang dibagikan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 pada Rabu sore, tercatat ada 6.058 kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Data tersebut terhitung hingga pukul 12.00 WIB pada Rabu sore.

Usman

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close