BeritaHeadlinePolitik

Mulai Januari Pemprov DKI Salurkan Bansos ‘Covid-19’ Tunai Rp 300 Ribu

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan, bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat Provinsi DKI Jakarta yang terdampak pandemi Covid-19 akan dialihkan dari sembako ke uang tunai.

Hal tersebut disepakati dalam rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Kebudayaan dan Manusia (Menko PMK) Republik Indonesia (RI), Muhadjir Effendy, yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Sosial (Mensos) RI.

“Alhamdulillah, sepakat bantuan bansos 2021 dalam bentuk sosial tunai. Jadi dalam bentuk uang, nanti akan disampaikan langsung kepada warga yang mendapatkan bantuan,” katanya, di Balai Kota, Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi DKI Jakarta ini menjelaskan, besaran bantuan uang tunai itu mencapai Rp 300 ribu per Kepala Keluarga (KK) setiap bulannya. Bantuan ini akan disalurkan mulai Januari 2021 untuk enam bulan ke depan dan disalurkan melalui Bank DKI atau POS Indonesia.

Namun, Ariza tidak menyebut secara rinci jumlah penerima bantuan uang tunai tersebut. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mendata kembali jumlah penerima agar bantuan tepat sasaran.

“Jumlah penerima masih dicek kembali berapa persis jumlahnya, yang sebelumnya 2,45 juta. Ada kemungkinan jumlahnya menurun, karena sudah banyak warga Jakarta yang alhamdulillah bisa dapat bekerja kembali,” imbuhnya.

Ariza menyampaikan, keputusan untuk mengganti Bansos sembako menjadi uang tunai dilakukan setelah berbagai kajian. Salah satu pertimbangannya adalah agar masyarakat Provinsi DKI Jakarta dapat membelanjakan untuk kebutuhan dasar.

“Dan juga diharapkan masyarakat tidak menggunakan uang untuk kepentingan lain selain untuk kepentingan sembako,” ujarnya.

“Kemudian dengan uang yang diterima masyarakat bisa membelanjakannya di warung-warung, pasar-pasar sekitar rumah, sehingga dapat menggerakan ekonomi di sekitar rumah masing-masing, sehingga, ada peningkatan pergerakan ekonomi,” pungkasnya.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close