BeritaHeadlineKesehatan

Ketua Umum PMI Ajak Penyintas ‘Covid-19’ Donor Plasma Konvalesens

BIMATA.ID, Banda Aceh – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla (JK), mengajak penyintas Covid-19 mendonorkan plasma darah atau konvalesens ke Unit Donor Darah (UDD) PMI terdekat. Plasma ini akan digunakan untuk membantu penderita Covid-19 bergejala sedang dan berat.

Permintaan plasma itu dari sejumlah rumah sakit Covid-19 ke PMI mengalami peningkatan seiring peningkatan kasus positif di Indonesia. Kasus positif Covid-19 di Indonesia menyentuh angka 719.219 per 28 Desember 2020.

Sekitar 100.000 orang dari jumlah tersebut merupakan kasus aktif atau masih dalam perawatan. Ratusan ribu jiwa ini membutuhkan plasma konvalesens sebagai terapi pendamping.

“Mereka semua adalah keluarga kita, teman-teman kita, masyarakat umum, yang membutuhkan perawatan, membutuhkan pengobatan. Salah satu pengobatan yang direkomendasikan, apabila sudah dalam tahap kritis, yaitu diberikan plasma konvalesens,” kata JK, seusai meninjau UDD PMI Kota Banda Aceh, Selasa (29/12/2020).

Wakil Preisden Republik Indonesia (RI) ke-10 dan ke-12 ini menegaskan, sejak awal temuan plasma konvalesens sebagai terapi pendamping penderita Covid-19, PMI telah mendistribusikan 1.345 kantong plasma tersebut ke ratusan rumah sakit.

Namun, permintaan itu belum terpenuhi secara maskimal lantaran kekurangan donor. Karenanya, politikus senior Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengajak penyintas Covid-19 untuk berdonor dengan mendatangi UDD PMI terdekat.

“Palang Merah Indonesia siap untuk menerima semua pendonor yang memenuhi syarat untuk diberikan kepada masyarakat yang mengalami perawatan. Karena Itu, saya harapkan untuk sama-sama beramal untuk keselamatan kita semua atau masyarakat yang masih dalam perawatan. Itulah harapan kita semua dan amal anda pasti mendapat balasan dari Allah SWT,” ujar JK.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close