PertanianBeritaEkonomiRegional

Kemendagri Monitor Kegiatan Food Estate di Kalteng

BIMATA.ID, JAKARTA- Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Hari Nur Cahya Murni, melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, untuk memonitor pelaksanaan pembangunan program food estate, Sabtu (5/12)

Dalam kunjungan kerjanya, Dirjen Bangda meninjau dan memonitor jaringan irigasi Desa Bentuk Jaya, Blok A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. Selain itu pihaknya juga meninjau lokasi food estate Center of Excellence (CoE) di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

“Kunjungan ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah pusat dalam mengawal pelaksanaan program food estate ini. Karena diharapkan program ini mampu terealisasi dan memberi manfaat besar untuk Indonesia,” katanya, kemarin.

Luas kawasan CoE di Desa Belanti Siam sendiri mencapai 1.025 hektare yang terletak di REI 5-29, dengan 538 rumah tangga petani didalamnya. Beberapa teknologi diaplikasikan di kawasan CoE, seperti teknologi pengelolaan air, perbaikan kualitas air, dan pemanfaatan air di lahan pasang surut untuk usaha tani padi unggul dan hortikultura.

“Hasil dari kunjungan kerja kali ini nantinya akan langsung dilaporkan kepada pimpinan di tingkat Pusat,” ucapnya.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close