Berita

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru Penumpang Mulai Memadati Stasiun Pasar Senen

BIMATA.ID, Jakarta — Para penumpang kereta api terpantau mulai memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Mereka memilih berangkat hari ini untuk menikmati liburan saat Natal dan Tahun Baru di kampung halaman.

“Ya, hari ini sebagai puncak arus mudik libur Natal,” ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus, Rabu (23/12/2020).

Joni menyampaikan, hingga pukul 09.00 WIB total jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun kereta ekonomi jarak jauh ini mencapai 27.700 orang. “Kemungkinan akan terus bertambah,” terangnya.

Dengan meningkatnya jumlah penumpang, PT. KAI juga menambah jumlah keberangkatan kereta tambahan guna menampung penumpang.

“Di hari sebelumnya KAI mengoperasikan rata-rata 73 Kereta jarak jauh per hari. Untuk hari ini menjadi 97 kereta ada penambahan 26 kereta,” ungkapannya.

Joni menyampaikan, sebelum diberangkatkan penumpang harus mengikuti pemeriksaan rapid test antigen yang disediakan PT. KAI bekerjasama dengan pihak BUMN Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). Untuk mendapatkan layanan tes covid-19 ini pelanggan cukup membayar Rp105.000.

Aturan ini mengacu pada Surat Edaran Satgas Penanganan covid-19 No 3 Th 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi covid-19.

Kemudian, Surat Edaran Kemenhub No 23 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi covid-19.

KAI juga telah menambahkan layanan pemeriksaan rapid test antigen di stasiun sehingga total menjadi 13 stasiun.

Antara lain Stasiun Bandung, Cirebon, Purwokerto, Solo Balapan, Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang tawang, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Surabaya Gubeng, dan Surabaya Pasarturi.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close