Politik

Dewan Gerindra, Tina Wiryawati Bicara Peran Milenial Perkuat Ketahanan Negara

BIMATA.ID. JAWA BARAT — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Daerah Pemilihan XIII (Dapil XIII) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Tina Wiryawati bicara soal peran anak milenial dalam memperkuat ketahanan negara.

Hal itu disampaikan saat mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, dalam rangkaian acara citra bhakti parlemen dalam sketsa kebangsaan ‘Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan’. 

“Sosialisasi empat pilar perlu diperkenalkan di lingkungan masyarakat. Terutama dikalangan kaum milenial (Remaja dan pemuda) yang rentan dalam berbangsa dan bernegara, karena arus pengaruh negatif saat ini,” kata Tina sapaan politisi cantik Gerindra ini di Aula Balai Desa Partawangunan Kecamatan Kalimanggis Kabupaten Kuningan, Selasa, 1 November 2020.

Ia menerangkan, kegiatan empat pilar ini adalah kegiatan rutin yang harus dijalankan oleh Anggota Legislatif dari DPRD Jabar, dimana sasarannya yakni para generasi muda, dengan harapan mereka dapat memahami dan betapa pentingnya empat pilar dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Jadi sangat penting sekali untuk generasi muda memahami empat pilar dalam kehidupan sehari-hari tentunya. Alhamdulillah, dengan metode diskusi jadi nuansanya begitu hidup. Saya pun memberikan kesempatan bagi anak-anak milenial untuk menyampaikan pemahamannya mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI,” terangnya. 

Ketika ditanya, sejauh mana pemahaman peserta terhadap empat pilar. Tina mengatakan, pemahaman mereka mengenai empat pilar ini sih masih on the track. Meskipun tidak merata, akan tetapi dari sampel saja mereka sudah banyak yang memahami. 

“Saya berharap, agar mereka menjalankan dan menerapkan secara real di kehidupannya sehari-hari. Meskipun belum merata kan kalau kita tidak pancing, mereka belum berani secara serentak untuk mengungkapkan aspirasi atau pendapatnya,” ujarnya. 

Sementara, Kepala Desa Partawangunan Kecamatan Kalimanggis, Nana Rukmana mengapresiasi atas kegiatan empat pilar yang dilakukan oleh Anggota DPRD provinsi. Tentunya hal ini sangat membantu untuk pengetahuan dan pengalaman anak-anak dilingkungan pemerintah desa. 

“Kami ucapkan terimakasih, dan anak-anak pun sangat senang bisa meningkatkan pemahamannya mengenai empat pilar kebangsaan. Semoga dapat dijalankan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya. 

Hal senada diungkapkan oleh Camat Kalimanggis, Yono Rahmansyah. Bahwa empat pilar tidak hanya di dapat di bangku sekolah, maupun perkuliahan. Tetapi dengan kegiatan sosialisasi lah dapat memberikan pemahaman kepada khususnya kaum milenial. 

“Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sekali. Tapi pemahaman empat pilar perlu untuk dipelajari, sehingga pondasi-pondasi berbangsa dan bernegara tetap kokoh,” pungkasnya. 

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri 50 peserta dari kaum milenial dan karang taruna desa setempat. Hadir pula perwakilan Koramil Kecamatan Kalimanggis.

Rilis/Usman

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close