BeritaEkonomiNasionalOpiniSains & Tek

Pembangunan Konektivitas Internet Untuk Dukung Ekonomi Digital

BIMATA.ID, JAKARTA- Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara menyebut bahwa penggunaan ekonomi digital di masa pandemi Covid-19 tumbuh begitu pesat. Bahkan, semenjak adanya pandemi ekonomi digital seakan mampu mengubah perilaku masyarakat.

“Jadi sangat penting bahwa di masa depan ini tentang satu hal adalah tentang konektivitas. Mengenai konektivitas internet, konektivitas virtual dan konektivitas data serta gadget akan menjadi sangat penting, data internet sangat penting,” kata dia seperti ditulis, Jumat (6/11).

Oleh karena itu, pemerintah tengah memikirkan untuk memberikan subsidi data internet untuk mendukung pelajar, siswa, mahasiswa dan juga birokrasi untuk bekerja dari rumah. Kebijakan subsidi data internet dalam program pemulihan ekonomi nasional dan juga menyediakan internet di banyak tempat umum.

“Harapannya untuk Indonesia yang lebih baik ke depannya di mana untuk transformasi digital yaitu percepatan akses dan peningkatan infrastruktur digital menjadi kebutuhan yang mendesak,” katanya.

Pada tahun 2021, pemerintah juga akan mengalokasikan dana yang cukup besar untuk dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Anggaran TIK tidak hanya berfokus satu kementerian, melainkan disebarkan melalui beberapa kementerian yang sangat penting.

“Saya ingin menekankan bahwa ekonomi digital, transformasi digital adalah jalan ke depan dan dalam beberapa hal, transformasi digital adalah agen perubahan. Ini akan mengubah Indonesia,” jelasnya.

Peningkatan Keamanan TransaksiSuahasil menekankan bahwa pada saat yang bersamaan, transformasi digital juga harus diiringi dengan peningkatan keamanan transaksi digital. Ini adalah bidang-bidang yang sangat penting untuk ditangani. Aktivitas ekonomi digital juga akan banyak berkembang karena sudah menjadi bagian dari cara hidup dan cara menjalankan bisnis.

“Kami di pemerintahan akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa cara hidup yang baru akan memberikan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia, bersama dengan reformasi struktural yang kami perkenalkan. Saya juga sangat berharap transformasi digital akan terus berlanjut dan dapat menjadi bagian dari Indonesia yang lebih baik dan lebih sejahtera di masa depan,” pungkasnya.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close