Politik

KPU Tetapkan Jadwal Debat Pilgub Sumbar Berlangsung 2 Kali

BIMATA.ID, Kota Padang — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan jadwal debat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar. Debat pasangan calon akan berlangsung sebanyak 2 kali sebelum hari pencoblosan pilgub.

Plt Ketua KPU Sumbar Gebriel Daulay mengatakan debat pertama dilakukan pada 23 November dan disiarkan langsung oleh TVRI. Sedangkan debat kedua berlangsung pada 3 Desember bekerjasama dengan Lembaga Penyiaran Nasional.

“Itu keputusan sesuai dengan kesepakatan hasil rapat kita bersama tim kampanye pasangan calon, jadi dilaksanakan dua kali,” kata Gebriel di Kantor KPU Sumbar, Rabu (18/11/2020).

Dia menjelaskan debat pertama akan berlangsung dengan tema seputar ekonomi, pengelolaan sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Sementara debat kedua bertema tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, dan pembangunan sumber daya manusia.

“Jadi ada dua tema untuk dua kali debat, durasinya 150 menit, sebanyak 120 menit untuk segmen debat, dan 30 menit untuk iklan layanan masyarakat,” katanya.

Imam Priyono dijadwalkan menjadi moderator pada debat pertama. Imam pernah menjadi moderator saat debat Calon Presiden pada 2019 lalu. KPU Sumbar ingin mendapatkan moderator yang kompeten, dan jam terbang tinggi sehingga bisa menjaga debat berjalan dengan baik.

“Kita ingin debat berjalan dengan baik, nanti saat debat juga ada sub tema,” katanya.

Diketahui debat akan diikuti oleh 4 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar. Debat dilakukan sebelum pelaksanaan pencoblosan pada 9 Desember mendatang. Materi debat disusun oleh tim yang telah ditunjuk oleh KPU Sumbar.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close