BeritaHeadlinePolitik

KPU Bengkayang Dahulukan Daerah Terpencil Dalam Pendistribusian Logistik Pilkada

BIMATA.ID, Bengkayang – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang, Musa Jairani mengatakan, pendistribusian tahap awal logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bengkayang 2020 mengutamakan daerah terpencil dahulu.

“Pendistribusian logistik Pilkada 2020 tentu dengan membagi skala prioritas daerah tujuan distribusi. Seperti Kecamatan dengan transportasi sulit dan tofografi pegunungan, perairan serta kepulauan. Itu yang akan menjadi prioritas utama terlebih dahulu didistribusikan,” katanya, Selasa (24/11/2020)

Musa menjelaskan, bahwa KPU Kabupaten Bengkayang telah menyusun jadwal distribusi logistik Pilkada Serentak 2020. Logistik ini direncanakan mulai didistribusikan pada 1 Desember 2020.

“Kita juga harus mempertimbangkan lamanya logistik menginap di Gudang PPK Kecamatan baik dari segi faktor keamanan juga pembiayaan terkait penjagaan logistik di Kecamatan masing-masing,” jelasnya.

Selanjutnya Musa menambahkan, KPU Kabupaten Bengkayang sudah membuat pemetaan moda transportasi distribusi logistik untuk masing-masing daerah. Tidak hanya itu, KPU Kabupaten Bengkayang juga telah menyusun strategi mitigasi darurat logistik Pilkada 2020. Hal ini dilakukan jika terjadi di luar kendali akibat kondisi cuaca.

Musa menyampaikan, kendala yang dihadapi KPU Kabupaten Bengkayang terutama dalam mendistribusikan logistik tentu adalah soal cuaca yang ekstrim. Pasalnya, beberapa Kecamatan rawan terjadinya banjir, tanah longsor, dan sebagainya. Terlebih Kecamatan yang akses jalannya masih sulit di jangkau.

“Kendala yang pasti tentu cuaca ekstrim saat ini. Sehingga, di beberapa Kecamatan tertentu bisa saja terjadi banjir, tanah longsor yang menyebabkan sarana transportasi terputus, atau cuaca ekstrim yang menyebabkan distribusi ke wilayah kepulauan menjadi terganggu,” tandasnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close