Regional

Diduga Tercemar Limbah Ratusan Ikan di Sungai Elo Mati

BIMATA.ID, Temanggung – Persoalan di aliran Sungai Elo yang melintas Kabupaten Temanggung dan Magelang, Jawa Tengah kembali muncul Jika pada September 2020 ada pencemaran dari limbah pabrik, saat ini meski belum diketahui penyebabnya ratusan ikan di sepanjang alur sungai mati.

Ratusan ikan yang mati itu terlihat di sepanjang alur Sungai Elo di Dusun Jurangsari, Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Hal ini mengejutkan masyarakat, terutama yang sedang beraktivitas di sungai.

“Sejumlah ikan mati di Sungai Elo diketahui warga sekitar pukul 05.30 WIB. Kemudian ikan mati tersebut dikumpulkan oleh warga, sebagai barang bukti. Total ada 50 kilogram lebih ikan yang ditemukan mati,” kata Dwi Santoso, warga Dusun Jurangsari, Selasa (17/11/2020).

Sejumlah ikan yang ditemukan mati, katanya berada di bawah aliran pembuangan limbah pabrik tekstil di Pringsurat.

“Tempat pembuangan limbah ke atas tidak ditemukan ikan mati, namun dari pembuangan limbah ke bawah banyak ditemukan ikan mati. Ini warga masih terus mengumpulkan ikan-ikan yang mati di sepanjang aliran sungai,” katanya.

Atas kejadian tersebut warga melaporkannya kepada aparat, termasuk petugas dari Dinas Lingkungan Hidup yang kemudian mengambil sampel air maupun ikan guna diperiksa di laboratorium.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close