BeritaEkonomiPertanianPropertiRegional

Tanggulangi Dampak Pandemi, Chevron Pacific Indonesia Bantu 20 Poktan

BIMATA.ID, JAKARTA- PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) memberi dukungan kepada 20 kelompok tani (Poktan) dari enam Kabupaten/Kota di Riau dalam Program Ketahanan Pangan Menghadapi Pandemi Covid-19 berupa bantuan sarana produksi pertanian, pelatihan, dan pendampingan sesuai identifikasi kebutuhan masing-masing Poktan.

General Manager Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin menyampaikan peserta juga akan mendapatkan pelatihan pemasaran produk secara digital. Lokasi Poktan tersebar di sekitar area operasi PT CPI, yakni di Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kampar dan Pekanbaru.

”PT CPI berinisiatif untuk mendukung program pemerintah dalam menanggulangi dampak Pandemi Covid-19 terhadap perekonomian, khususnya sektor pertanian rakyat, dan memperkuat kestabilan penyediaan pangan,” kata Sukamto.

Program Ketahanan Pangan yang digagas PT CPI ini akan berjalan sekitar enam bulan. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan pemantauan (monitoring) untuk memastikan keberlanjutan program.

Penyerahan bantuan secara simbolis diberikan kepada perwakilan Poktan berlangsung di Kampus Bina Widya Universitas Riau (Unri) pada Kamis 22 Oktober 2020. Selain bekerjasama dengan Unri, PT CPI juga menggandeng Center for Entrepreneurship and Third Sector (CECT) Universitas Trisakti.

Direktur CECT Universitas Trisakti Dr. Maria R Nindita Radyati PhD menyampaikan bahwa program yang dijalankan PT CPI ini sangat diperlukan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, khususnya bidang ekonomi.

“Program ini berkontribusi signifikan terhadap sejumlah pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) daerah, khususnya poin SDG tentang Tanpa Kelaparan; Air Bersih dan Sanitasi Layak; Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan,” jelas dia.

Total bantuan PT CPI direncanakan mencapai Rp11,6 miliar. PT CPI merupakan KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas.

PT CPI telah menyalurkan sekitar 2 ribu pakaian dekontaminasi (hazmat); 99 ribu, masker; 6 ribu ,botol pembersih tangan (hand sanitizer); 73 ,tempat tidur dan matras medis, termometer inframerah dan 3.700 paket sembako yang disalurkan melalui gugus tugas di tingkat kabupaten, kota dan provinsi.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close