BeritaHeadlinePolitikRegional

Pemprov Jabar Undur Penyaluran Bansos Tahap Keempat, Ada Apa?

BIMATA.ID, Jabar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memundurkan penyaluran bantuan sosial (Bansos) tahap keempat untuk delapan daerah yang tengah menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Pemprov Jabar akan menyalurkan bantuan tunai sebesar Rp 500.000 per kepala keluarga (KK) usai pesta rakyat tuntas.

Menurut Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil, pemunduran itu untuk untuk menghindari potensi pemanfaatan momentum di masa Pilkada oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Kekhawatiran dari masyarakat terus kita sampaikan terkait Pilkada. Jadi, Pilkada ini sangat rawan memang, sehingga kami memutuskan pembagian Bansos tadi disepakati akan diatur ditunda dengan cara yang baik di daerah-daerah yang sedang melaksanakan Pilkada agar tidak dijadikan sumber pelanggaran terkait bantuan sosial,” tuturnya, dalam jumpa pers, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (5/10/2020).

Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menjelaskan, saat ini Pemprov Jabar masih memiliki kewajiban dua kali untuk menyalurkan Bansos Provinsi. Untuk tahap ketiga, saat ini tengah dalam proses yang terdiri dari bantuan tunai sebesar Rp 150.000 dan Rp 350.000 bantuan nonton tunai.

“Yang ke-4 yang full 100 persen tunai, yang memang diagendakan kurang lebih di awal Desember. Jadi, tetap sebenarnya sesuai jadwal cuma timing-nya setelah hari pencoblosan, kira-kira begitu,” jelasnya.

Kemudian Emil menyampaikan, penyaluran Bansos tahap ketiga akan dilaksanakan dalam waktu dekat di bulan Oktober dan dua bulan lagi full tunai.

“Nah yang keempat ini kebetulan bertepatan dengan minggu-minggu pencoblosan, itu kita tunda untuk menghindari politik atau pemanfaatan citra atau apapun yang dikaitkan dengan Bansos,” ucapnya.

Untuk diketahui, delapan Kota atau Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020, yaitu Kabupaten Bandung, Cianjur, Karawang, Depok, Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, Indramayu, dan Kabupaten Tasikmalaya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close