BeritaEkonomiKesehatanNasional

Pemerintah Akan Buka Penerimaan CPNS 2021 Mendatang Sebanyak 1 Juta Orang

BIMATA.ID, JAKARTA- Pemerintah membuka penerimaan 1 juta orang dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan digelar pada 2021. Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, penerimaan ini menjadi penting di masa krisis ekonomi dan kesehatan.

Bukan hanya terkait pandemi covid-19, melainkan masih tingginya angka stunting serta kematian ibu dan anak di Indonesia. Tjahjo mengungkap beberapa formasi CPNS yang dibuka antara lain perawat, bidan, dokter umum dan spesialis.

“Penerimaan CPNS 2021, 1 juta dulu. Kita akan menambah perawat, bidan dan dokter umum, penyuluh pertanian dan perairan. Ini penting, sebab soal stunting yang masih sangat tinggi,” kata Tjahjo.

Pada Rapat Koordinasi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan. Tjahjo menjelaskan pemerintah telah menyiapkan rekrutmen CPNS.

“Di masa pandemi kami juga sudah menyiapkan rekrutmen pada posisi sistem yang ada, makanya saya sudah sampaikan ke PT Taspen agar segera memproses pensiunan PNS,” ungkap mantan Menteri Dalam Negeri ini.

Aparatur sipil negara (ASN) harus cepat beradaptasi dengan perubahan, khususnya di masa pandemi.

“Konteks pengembangan ASN ini yang perlu, termasuk sebagai penilaian bagi mereka. Ini harus dipersiapkan,” ujar Tjahjo.

Pemerintah juga terus melakukan pembinaan di segala unit. Salah satunya pada PTSP. Dengan demikian ukuran kinerja pemerintahan juga dilihat dari kepiawaian staf PTSP. Tjahjo pun meminta PTSP kabupaten/kota mempunyai visi yang sama dengan provinsi.

Tjahjo mengatakan tujuan dari reformasi birokrasi agar pemerintah pusat hingga ke kelurahan dapat menyatu. Begitu pula mulai Kapolri sampai ke kamtibmas, perguruan tinggi, tokoh adat dan ulama.

“Didukung dengan birokrasi yang bersih dan proses tata kelola yang cepat,” kata Tjahjo.

 

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close