Nasional

Mendagri Libatkan Forkopimda Antisipasi Covid-19 saat Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, melaksanakan antisipasi kerawanan penularan Covid-19 selama libur panjang itu harus dilakukan secara bersama-sama oleh kepala daerah dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Untuk itu Mendagri mengatakan, keberhasilannya sangat ditentukan oleh kekompakan seluruh pihak tersebut Apabila di daerahnya terjadi pelanggaran protokol kesehatan, dapat dikatakan pengendaliannya tidak berjalan sukses.

“Prinsip satu saja ukurannya kalau nanti di media muncul kerumunan, yang tidak bisa menjaga jarak, teman-teman Forkopimda daerah itu dapat dikatakan gagal, tidak kompak, kira-kira begitu. Kekompakan rekan-rekan menjadi kunci,” kata Mendagri pada “Rapat Koordinasi Antisipasi yang dilaksanakan secara virtual di Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jumat (23/10/2020).

Mendagri mengharapkan setelah rakor itu para kepala daerah bersama Forkopimda melakukan rapat untuk mengidentifikasi potensi kerawanan penularan di daerah masing-masing.

Mendagri juga meminta kepala daerah mengaktifkan kembali mekanisme pertahanan pengendalian Covid-19 seperti pada saat lebaran Idul Fitri silam.

Misalnya melalui Kampung Tangguh, Desa Tangguh, RT Tangguh, RW Tangguh, dan lain-lain. Kepala daerah diminta pula berkoordinasi dengan seluruh pihak, seperti pengelola tempat wisata.

“Antisipasi, identifikasi dan lakukan koordinasi dengan semua stakeholder: hotel, restoran, tempat wisata, dan lain-lain,” kata Mendagri.

ozie

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close