BeritaPolitik

KPU Manado Pastikan Anggota KPPS Bukan Kader Parpol

BIMATA.ID, Manado – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado memastikan seluruh calon Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tidak terkait dengan partai politik (Parpol) maupun calon Kepala Daerah yang akan mengikuti kontestasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Anggota Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Manado, Ismail Harun mengatakan, KPU Kota Manado akan melakukan seleksi yang ketat, termasuk memeriksa riwayat calon Anggota KPPS, apakah terdaftar dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) atau tidak.

“Penerimaan calon Anggota KPPS akan dilakukan dengan ketat. Kita ingin seluruh penyelenggara berada pada posisi yang tidak memihak siapa pun,” katanya, Jumat (23/10/2020).

Kemudian Harun menyampaikan, jika nanti ada yang terdaftar dalam Sipol, maka KPU Kota Manado akan melakukan klarifikasi untuk menanyakan tentang nama mereka yang terdaftar ke dalam Parpol.

“Sekali lagi, KPU ingin kita dalam posisi penyelenggara itu harus netral,” ujarnya.

Sementara, terkait jika ada tanggapan masyarakat terhadap calon Anggota KPPS, Harun menjelaskan, akan segera dilakukan klarifikasi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan, yang merupakan pihak yang berwenang dalam melakukan perekrutan terhadap Anggota KPPS tersebut.

Untuk diketahui, KPU Kota Manado saat ini dalam tahapan menunggu tanggapan masyarakat terkait dengan pengumuman kelulusan seleksi administrasi calon Anggota KPPS. Tanggapan itu akan dibuka hingga Minggu (25/10/2020).

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close