BeritaPolitik

KPU Bengkulu Ingin Partisipasi Pilkada 2020 Sesuai Target

BIMATA.ID, Bengkulu – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang akan dilaksanakan diberbagai daerah di Provinsi Bengkulu tinggal menghitung hari. Partisipasi aktif masyarakat termasuk penyandang disabilitas sangat dibutuhkan untuk menyukseskan gelaran pesta demokrasi ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra menuturkan, jika pihaknya menargetkan partisipasi masyarakat mencapai target yang telah ditetapkan. Untuk itu, KPU Provinsi Bengkulu memastikan jika penyandang disabilitas akan mendapat hak yang sama dalam memilih calon Kepala Daerah (Cakada).

“Pilkada yang sukses itu, apabila partispasi masyarakatnya tinggi, termasuk teman-teman disabilitas. Untuk itu, kita selalu meminta saran dan masukan agar hak-hak teman-teman kita ini terpenuhi, misalnya Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah disabilitas,” tuturnya, seusai menjadi narasumber dalam sosialiasi bersama penyandang disabilitas, Kamis (22/10/2020).

Irwan menyampaikan, jumlah penyandang disabilitas tercatat ada sekitar 4.300 orang yang tersebar di seluruh Provinsi Bengkulu. Jumlah ini terdiri dari berbagai kategori, seperti disabilitas mental, fisik, sosial, dan intelektual yang sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Serentak 2020.

Sementara, Ketua Perkumpulan Mitra Masyarakat Inklusif, Irna Riza Yuliastuti, meminta agar penyandang disabilitas benar-benar diperhatikan dan hak-hak yang seharusnya didapat agar terpenuhi.

“Selama ini memang masih banyak terdengar kesenjangan antara teman-teman disabilitas. Oleh karena itu, kami minta agar dalam Pilkada ini mereka mendapat perhatian lebih,” ucapnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close