Regional

Empat Terdakwa MeMiles Divonis Bebas oleh PN Surabaya

BIMATA.ID, Surabaya – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang diketuai Sutarno menjatuhkan vonis bebas terhadap empat terdakwa Fatah Suhanda, Martinu Luisa alias Dr Eva, Sri Windyaswati alias Wiwied dan Prima Hendika. Dalam pertimbangan majelis hakim menyebut, yang dilakukan para Terdakwa tidak melanggar hukum saat mengoperasikan bisnis MeMile, Jumat (2/10/2020).

Majelis Hakim mementahkan argumen-argumen penyidik yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP), yang selanjutnya dijadikan acuan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam dakwaan.

Salah satunya adalah, keberadaan PT Kam And Kam dalam mengelola MeMiles melanggar hukum karena tidak memiliki izin. Padahal kata hakim, PT Kam And Kam memiliki izin tertanggal 16 Oktober 2016.

“Izin tersebut habis 16 Oktober 2020, maka kegiatan yang dilakukan PT Kam and Kam tidak melanggar hukum. Unsur untuk menguntungkan diri sendiri dengan melawan hukum tidak terbukti,” ujar Majelis Hakim.

Dalam amarnya hakim menyebutkan dakwaan ke satu primair yakni Pasal 105 dan dakwaan kedua subsidair Pasal 106 Undang-undang Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Hakim juga menyebut PT Kam And Kam tidak terbukti menerapkan skema piramida dalam mendistribusikan barang dan jasa sebagaimana diatur dalam Pasal 109 UU Perdagangan.

Aplikasi MeMiles menurut majelis hakim, memperoleh penghasilan dari berjualan jasa periklanan. Bukan dari uang pendaftaran member.

“Terdakwa sebagai pelaku usaha mendapatkan penghasilan bukan dari penjualan barang dan jasa dengan skema piramida, melainkan dari penjualan jasa advertising,” tambahnya.

Para Terdakwa juga dinyatakan tidak terbukti melanggar Pasal 378 KUHP tentang penipuan sebagaimana dakwaan kedua jaksa. Menurut majelis hakim, tidak ada yang dirugikan dalam bisnis MeMiles. Member telah mendapatkan slot iklan ketika top-up.

“Unsur menguntungkan diri sendiri dan orang lain secara melawan hukum tidak terbukti,” ucapnya.

“Mengadili membebaskan terdakwa dari seluruh dakwaan jaksa. Meminta jaksa penuntut umum memulihkan harkat dan martabat terdakwa seperti semula. Mengembalikan barang bukti kepada kepada PT Kam and Kam serta para pemilik lainnya,” ujarnya.

ozie

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close