PertanianPolitikRegional

DWS Tawarkan Pengembangan Ekowisata di Moyudan

BIMATA.ID, Sleman – Calon bupati Sleman nomor urut 1, Danang Wicaksana Sulistya (DWS) bersilaturahmi ke sejumlah titik, salah satunya di Dusun Kaliduren 2, Sumberagung, Kecamatan Moyudan, Sleman, Kamis (15/10/2020).

DWS menyatakan, awalnya ia bersama calon wakil bupati R Agus Choliq (ACH) memiliki konsep membangun lumbung pangan di wilayah Kecamatan Moyudan. Namun, mendengar keluhan warga, yakni tidak adanya penghasilan tambahan dari pertanian, maka dia menawarkan konsep pengembangan ekowisata.

“Respons saya adalah menawarkan untuk bersama-sama membuat konsep ekowisata, menggali potensi pendukung dan memasukkan ke dalam desain besar pariwisata terpadu Sleman,” kata Politisi Partai Gerindra ini.

Wilayah Kecamatan Moyudan yang bersebelahan dengan Kabupaten Kulonprogo, menurut DWS, dapat dikembangkan menjadi salah satu gerbang pariwisata di Sleman. Bahkan, dia menyebut, di kawasan itu dapat dibangun terminal wisatawan yang berfungsi sebagai titik temu transportasi wisata dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA).

“Yang penting tidak mendorong alih fungsi lahan pertanian secara masif, karena wilayah ini, dengan pasokan air yang boleh dikatakan tersedia sepanjang tahun, tetap harus dicadangkan untuk ketahanan pangan,” ungkap calon bupati yang didukung Partai Gerindra, PKB, PPP, dan sejumlah partai nonparlemen itu.

Alumni Teknik Sipil UII Yogyakarta ini menambahkan, sebagai kandidat bupati paling muda dibanding dengan lainnya, ia menginginkan warga masyarakat dapat memposisikannya sebagai partner membangun. Hal itu, karena idealnya Sleman dibangun secara bottom up, agar keinginan masyarakat dan kebijakan pemerintah dapat sinkron.

Seusai dari Dusun Kaliduren 2, DWS juga mengunjungi  Kelompok Tani Klengkeng Kristal di Dusun Jowahan, Sumberagung, Moyudan, Sleman. Kepada kelompok yang baru berdiri beberapa bulan tersebut, selain menerima masukan, DWS juga memberi dorongan semangat kepada mereka.

Selain mengunjungi beberapa kelompok tani, di hari yang sama DWS juga bersilaturahmi ke sejumlah pengrajin tenun di Dusun Pakelan, Sumberarum dan di Dusun Gamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close