PolitikRegional

Anggota DPRD Jabar, Tina Wiryawati Harap Desa Wisata Cikaso Dapat Berkembang

BIMATA.ID, KUNINGAN – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Tina Wiryawati kembali datangi Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan dalam rangka pengembangan desa wisata.

Tina Wiryawati yang sebelumnya sebagai insiator dalam proses pembentukan kerjasama antar pihak Pemerintah Kabupaten Kuningan dengan menggandeng kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPARI) Semarang untuk peningkatan Sumber Daya Manusia di bidang pariwisata dan perekonomian.

“Kegiatan saat ini  adalah kelanjutan dari kerjasama pada tanggal 26 Agustus. Dimana saya dari DPRD Provinsi menggandeng Kampus STIEPARI untuk terlaksananya Desa Wisata Cikaso secara menyeluruh, holistik, dan secara grand desain bersama-sama dengan Pemda, Pemdes, dan juga masyarakat setempat,” kata Tina berangkat dari Dapil Jabar 13 meliputi (Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran), Sabtu (24/10).

Dia menjelaskan, awalnya mendengar aspirasi banyak orang yang menganggur dimasa pandemi Covid-19. Hal itulah yang membuat dirinya terketuk untuk mengkongkretkan aspirasi tersebut dengan menginisiasi dan mengajak dari sisi akademis kampus STIEPARI yang memiliki program yang cocok, yakni dengan program Tri In One. Dimana, kata Tina, program tersebut untuk meningkatkan sumber daya manusia dibidang pariwisata.

Program Tri In One, lanjut Tina, bagi warga lulusan SMA/SMK sederajat yang kurang mampu, bisa difasilitasi untuk kuliah di kampus STIEPARI sambil bekerja. Jadi di mana penempatan kerjanya dari pihak STIEPARI yang menyalurkan di perusahaan-perusahaan yang ada di semarang.

“Itulah salah satu langkah kongkrit dalam menggurangi penggauran, dan memberikan fasilitas bagi para lulusan SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan kuliah dan sambil bekerja. Selain itu juga, dengan upah UMR di Jawa Tengah, ditambah pengasilan saku maupun lembur. Kemudian setelah beres perkuliah tidak menganggur lagi melainkan sudah membawa pendidikan strata satu dan dapat mengembangkan potensi wisata di desanya masing-masing,” ujarnya.

Pihak STIEPARI, Tina menerangkan saat ini sedang mengadakan pembinaan-pembinaan kepada masayrakat Desa Cikaso, khususnya dalam peningkatan SDMnya dan lingkungan. Karena, hal ini sangat mempengaruhi kesuksesan dan kelanjutannya desa Wisata.

“Itulah kenapa STIEPARI mengadakan pelatihan-pelatihan untuk pelaku UMKM, pelatihan Insan Sadar Wisata, dan yang lainnya,” terangnya.

Desa wisata itu, kata Tina, hanya satu desa.  Dan ada wacana kedepannya, akan ada yang namnya  klaster wisata. Dimana klaster wisata ini  yang terdiri dari beberapa desa. Sehingga tidak hanya satu desa.

“Misalnya desa A memiliki potensi pemandangannya, desa B memiliki sawahnya Indah, desa yang C memiliki kebun sayurnya, dan desa yang lain memiliki kekuatan UMKM. Sehingga dalam satu kecamatan itu ditunjang oleh desa-desa dari satu dan desa lain mempunyai kekuatan masing-masing yang kemudian menjadi satu klaster wisata,” katanya.

Jadi kedepannya, Tina berharp klaster wisata ini dapat menjadi paket wisata dan ini akan dirasakan manfaat ekonominya oleh seluruh masyarakat karena akan ikut bersama-bersama dengan komitmen untuk memajukan wisata tersebut.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Cikaso Hidayat Noor menyampaikan, sesuai komitmen bahwa desa cikaso ingin menjadi desa wisata. Tentu itu butuh proses yang panjang diantaranya udah menjalin hubungan dengan STIEPARI Semarang  dalam rangka pemberdayaan karakteristik masyarakat wisata itu yang sedang di jalani.

“Kami sangat mengapresiasi atas pembentukan kerjasama ini. Terutama juga kami sampaikan terimakasih kepada Anggota DPRD Provinisi Hj Tina Wiryawati yang telah membantu dalam mengembangan pariwsata di Desa Cikaso,” ujarnya.

Pihaknya berharap, desa wisata cikaso dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Terutama dalam kesejahteraan, perekonomian dan pengembangan sumber daya dalam bidang pariwisata.

“Alhamdulilah, kami mendapatkan pengetahuan untuk pengembangan wisata. Selain itu juga diberi pelatihan-pelatihan peningkatan ekonomi bagi para pelaku UMKM,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Asisten Daerah II, Deni Hamdani, Kepala Dinas Pemuda Olahraga, dan Pariwisata, Toto Toharudin, Aparat Desa, Camat Jalaksana Toni Kusumanto dan Pokdarwis.

(Om / Akm)
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close