BeritaHeadlineNasionalPolitik

Tito Sebut Negara Dengan Sistem Otokrasi Dan Oligarki Lebih Efektif Tangani ‘Covid-19’

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Tito Karnavian menyebut, negara-negara yang menganut pemerintahan otokrasi atau oligarki lebih efektif menangani pandemi Covid-19.

Tito mengunkapkan, negara dengan pemerintahan seperti itu mudah mengendalikan perilaku masyarakat dalam menghadapi pandemi, karena kedaulatan negara dipegang oleh satu atau segelintir orang.

“Negara-negara yang menggunakan sistem politik otokrasi tangan satu orang atau oligarki yang dikuasai sekelompok orang, seperti China dan Vietnam, menangani dengan lebih efektif karena mereka menggunakan cara-cara yang keras,” ungkapnya, dalam akun YouTube Kemendagri RI, Kamis (3/9/2020).

Sementara, negara penganut demokrasi, seperti Indonesia, India, dan Amerika Serikat cenderung mengalami kesulitan, karena Pemerintah tidak bisa memaksakan rakyatnya.

Mantan Kepala Kepolisian RI (Kapolri) ini mencontohkan, sulitnya menerapkan protokol kesehatan di Indonesia. Padahal, tindakan yang dilakukan sederhana, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Mudah untuk dikatakan, tapi sulit dilaksanakan karena tergantung dari sistem politik, demografi dan sosial budaya,” lanjutnya.

Tito mengatakan, penanganan pandemi Covid-19 di negara demokrasi akan lebih sulit jika banyak kalangan kelas menengah ke bawah. Masyarakat kalangan ini sulit diminta untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Mereka bilang masker hoaks. Jangankan pakai masker, Covid-nya dibilang hoaks, tidak ada, konspirasi saja,” katanya.

Hingga hari ini, jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 184.268 orang. Dari jumlah tersebut, 132.055 orang dinyatakan sembuh dan 7.750 orang lainnya meninggal.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close