KesehatanBeritaNasional

Sembilan Provinsi Yang Menjadi Prioritas Utama Penanganan Virus Corona

BIMATA.ID, JAKARTA- Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, pemerintah tengah memperbanyak tes usap (swab) di sembilan provinsi yang menjadi prioritas utama penanganan virus corona.

Kesembilan provinsi tersebut ialah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Papua.

“Tentunya daerah-daerah yang belum sesuai dengan syarat WHO terutama daerah-daerah di sembilan provinsi prioritas terus kita dorong,” kata Wiku.

“Dan ini bagian dari program prioritas utama untuk dapat testing pressing dan treatment dilakukan di provinsi-provinsi prioritas penyumbang kasus terbesar di Indonesia,” lanjut dia.

Beberapa daerah seperti DKI Jakarta sudah melampaui standar WHO dalam hal tes Covid-19. Adapun pemerintah pusat terus membantu daerah lain di sembilan provinsi tersebut yang belum memenuhi standar tes Covid-19 sebagaimana yang ditetapkan WHO, yakni 1.000 orang per 1 juta penduduk.

” Pemerintah melalui Satgas sudah mendorong dan men-support semua daerah dalam rangka meningkatkan testing-nya agar bisa mencapai paling tidak standarnya WHO. Bahkan beberapa daerah di Indonesia seperti di DKI dan daerah lainnya sudah melebihi standar dari WHO,” ujar Wiku.

“Dan kami selalu mendorong daerah-daerah lainnya juga ikut meningkatkan testing-nya dan seluruh kebutuhan testing dipenuhi oleh Satgas,” lanjut dia.

Adapun hingga 22 September, jumlah spesimen yang telah dites di seluruh Indonesia mencapai 2.994.069 sampel. Sedangkan jumlah orang yang dites mencapai 1.774.065 orang.

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close