Nasional

Ruslan Buton Ajukan Izin Hadiri Pemakaman Sang Istri

BIMATA.ID, Jakarta – Kabar duka datang dari terdakwa kasus ujaran kebencian, Ruslan Buton, istri dari Ruslan dikabarkan meninggal dunia. Ruslan Buton pun akan mengajukan izin untuk menghadiri pemakaman istrinya.

“Telah berpulang ke rahmatullah Ny Erna adalah istri Ruslan Buton pada hari Jumat, tadi pagi, tanggal 25 September 2020, di Bandung karena sakit,” kata pengacara Ruslan, Tonin Tachta, dalam keterangannya, Jumat (25/9/2020).

Tonin mengatakan istri terdakwa menderita sakit keras dan akan dimakamkan di Bandung. Ia menyebut saat ini sedang berkoordinasi untuk mengajukan izin agar Ruslan dapat menghadiri pemakaman istrinya.

“Ini sudah final koordinasi semoga tidak ada hambatan sehingga bisa izin memakamkan istrinya,” katanya.

Tonin mengatakan pihaknya sedang mengurus izin ke majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, dan Rutan Bareskrim. Ruslan saat ini ditahan di Rutan Bareskrim Polri.

Diketahui, jaksa mendakwa Ruslan Buton berbuat onar dan melakukan ujaran kebencian. Ruslan didakwa dengan 3 pasal karena membuat surat terbuka ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ruslan didakwa melakukan ujaran kebencian hingga menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dan dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.

Dalam kasus ini, Ruslan Buton, yang merupakan pecatan TNI, ditangkap setelah membuat heboh dengan meminta Presiden Jokowi mundur lewat surat terbuka. Ruslan ditangkap di kediamannya di Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Kamis (28/5) waktu setempat.

ozie

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close