UMKMBeritaEkonomiInternasionalNasionalPertanian

Pertamina SMEXPO 2020 Dorong UMKM Indonesia Go Internasional

BIMATA.ID, JAKARTA- SMEXPO 2020 kembali menginspirasi UMKM Indonesia agar memiliki wawasan global sehingga bisa sukses di pasar internasional. Lewat Coaching Session UMKM yang merupakan salah satu acara menarik di acara Pertamina SMEXPO 2020, Bawadi Coffee, UMKM binaan Pertamina, membagikan pengalamannya memasarkan produknya di kancah internasional.

Bawadi Coffee bergerak di industri kopi yang menawarkan produk Kopi Single Origin Aceh. Bawadi Coffee berkomitmen membesarkan potensi kopi Aceh dan mengembangkan hasil tani kopi Aceh ke seluruh dunia. Pemilik Bawadi Coffee, Teuku Dharul Bawadi menyatakan bahwa ia langsung terjun ke kancah internasional saat memulai bisnisnya

“Saya langsung ekspor ke Malaysia. Karena kalau saya fokus menjual di daerah sendiri, maka saya akan kalah dengan kompetitor lainnya. Maka dari itu saya melihat ke pasar internasional,” ucap Teuku.

Teuku merasa sangat terbantu setelah bergabung menjadi mitra binaan Pertamina pada 2019. Bawadi Coffee diikutkan perlombaan dan memenangkan juara kedua award lokal hero. Pertamina juga memberi kesempatan Bawadi Coffee untuk mengikuti expo internasional di Tiongkok sehingga menerima kontrak ekspor senilai Rp 1,2 miliar.

“Terima kasih kepada Pertamina karena melakukan pameran SMEXPO. Saya mengajak seluruh pelaku UMKM untuk mengunjungi SMEXPO 2020 karena sangat mudah dan aman untuk berbelanja. Produknya juga adalah produk unggulan dan pilihan,” kata Teuku.

Coaching UMKM dengan tema “Think Local, Act Global”, Pertamina menghadirkan konsultan digital yang tidak asing lagi namanya, Jonathan End. Ia memaparkan pentingnya penggunaan digital termasuk media sosial dalam pemasaran produk UMKM pada era milenial.

“Indonesia ada 272 juta penduduk, di antaranya 64% menggunakan internet dengan rata-rata 8 jam menggunakan internet. Di dalamnya 59% menggunakan media sosial dengan rata-rata 3 jam. Jadi sangat penting bagi UMKM untuk menggunakan media sosial,” ujar Jonathan.

Jonathan pun mendorong UMKM untuk mempelajari bagaimana penggunaan sosial media dengan tepat yang dapat menggaet para pembeli, baik itu dari dalam negeri maupun ke luar negeri. Ia juga mengatakan bahwa UMKM tidak perlu bingung karena pemasaran produk bisa dimulai dari e-commerce.

Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan Pertamina SMEXPO 2020 merupakan event penting bagi pelaku UMKM untuk saling berbagi pengalaman dan sekaligus mempromosikan produk unggulannya agar memiliki pasar luas di mancanegara.

“Pertamina terus mendorong pelaku UMKM agar tetap survive menghadapi tantangan pandemik Covid-19 bahkan bisa lebih maju lagi dengan memanfaatkan teknologi digital yang sedang tren,” ujar Fajriyah.

Pertamina pun mengajak pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang ingin meningkatkan kemampuan dan kapasitas bisnisnya untuk menjadi mitra binaan Pertamina. Silakan klik https://www.pertamina.com/id/program-kemitraan dan ikuti prosedurnya. Banyak peluang yang bisa didapatkan menjadi mitra binaan sehingga nantinya diharapkan bisa menjadi pelaku UMKM yang tangguh dan mandiri.

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close