BeritaRegional

Pemkot Jaktim Lakukan Razia Terhadap Manusia Silver

BIMATA.ID, Jakarta – Pemerintah kota Jakarta Timur melakukan razia terhadap manusia silver yang berkeliling sambil meminta uang Belakangan  jumlah manusia silver semakin banyak sehingga dianggap meresahkan masyarakat.

“Sejak Senin kita lakukan giat serentak di seluruh kecamatan dan tingkat kota,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Timur, Budhy Novian saat dihubungi, Rabu (9/9/2020).

Ratusan petugas Satpol PP pun dikerahkan untuk melakukan penindakan di beberapa titik.

Budhy menilai, warga sudah sejak lama mengaku resah dengan keberadaan manusia silver. Satpol PP juga menerima sejumlah pengaduan warga terkait hal tersebut.

Pengamen yang mengecat seluruh tubuhnya berwarna silver itu dianggap meresahkan lantaran melakukan tindakan yang mengganggu warga.

Beberapa di antaranya meminta-minta uang di persimpangan jalan.

“Prinsipnya orang kan tidak boleh memungut atau mengemis di sarana umum, baik di lampu merah maupun di mana pun. Pokoknya sarana umum. Jadi fenomenya menganggu ketertiban,” kata Budhy.

Selain itu, dikhawatirkan ada modus kriminal yang mungkin saja dilakukan oleh para manusia silver.

Walau demikian, Budhy tidak bisa menjelaskan akar permasalahan munculnya fenomena manusia silver ini.

“Itu dinas sosial yang bisa mengkaji. Kalau kita kan hanya bagian penindakan aja. Kalau akar masalahnya ada di dinas sosial,” kata dia

Terkait hasil penindakan, Budhy mengaku belum terima data terkini ia memastikan beberapa manusia silver sudah diamankan dan dibawa ke Dinas Sosial untuk dibina.

Editor; : Ozie

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close