BeritaHeadlineHukumNasional

Panglima TNI Minta Prajurit Bersikap Netral Selama Pilkada Berlangsung

BIMATA.ID, Jakarta – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Marsekal Hadi Tjahjanto, meminta prajurit bersikap netral selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 berlangsung.

Hal itu disampaikan saat memimpin rapat internal secara virtual dengan agenda pembahasan tentang Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 dan Tahapan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Rapat ini dihadiri oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

“Dalam pelaksanaan tahapan Pilkada sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2020, untuk menekan penularan Covid-19 dan memastikan netralitas TNI dalam Pilkada Serentak 2020,” ungkapnya, Senin (28/9/2020).

Selain itu, Hadi juga meminta prajurit untuk berkoordinasi terkait pembentukan Posko Gabungan Terpadu sebagai wadah koordinasi seluruh pemangku kepentingan dalam pengamanan pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak dan Penegakan Displin Protokol Kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Optimalkan tugas yang diamanatkan dalam Inpres Nomor 6 Tahun 2020. Bangun koordinasi yang baik dengan Polri, Pemda, dan instansi terkait. Laksanakan sosialisasi Pilkada Serentak tahun 2020 tanpa kerumunan dan pengerahan massa di bawah koordinasi Pokja Bawaslu dari tingkat pusat sampai daerah. Disinilah peran satuan kewilayahan sangat strategis,” urainya.

Untuk melakukan sosialisasi, pendisiplinan, dan penerapan protokol kesehatan, Hadi memerintahkan prajurit untuk tetap dan terus membangun kerja sama atau sinergitas dengan jajaran Polri dan stakeholder terkait.

“Intensifkan pendekatan berbasis kearifan lokal untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat sebagai modal utama mencapai keberhasilan operasi,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Hadi meminta prajurit menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam kehidupan keluarganya sendiri.

“Kedisiplinan prajurit TNI dalam melaksanakan protokol kesehatan hendaknya juga menjadi contoh keluarga, karena perilaku disiplin prajurit dan keluarga dalam melaksanakan protokol kesehatan akan mencegah dan menekan terjadinya klaster keluarga dan perkantoran di lingkungan TNI,” katanya.

Dalam rapat, Hadi mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan serta rasa bangga kepada prajurit karena dengan semangat kepedulian dapat membantu kesulitan rakyat.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close