BeritaRegional

Aufa Zhafiri Dorong Pemberdayaan BUMDES Untuk Menggerakkan Perekonomian Desa

BIMATA.ID, Surabaya – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Jawa Timur, Aufa Zhafiri berharap Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes bisa menjadi jalan keluar untuk menggerakkan perekonomian desa. Karena itu dia mendorong pemberdayaan BUMDes di masa pandemi Covid-19 ini.

“Saya berharap pemberdayaan BUMDes bisa menjadi solusi dalam menggerakkan perekonomian desa di masa pandemi ini,” tegas Feri, Kamis (3/9/2020).

Aufa berpesan, agar keberadaan dana desa digunakan secara maksimal dan tepat sasaran. Dengan begitu, hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Jangan sampai salah memilih usaha sehingga menyebabkan kerugian. Karena itu, perangkat desa dan pengurus BUMDes harus bertumbuh dan melakukan riset sebelum menjalankan usaha BUMDes,” tuturnya Aufa.

Anggota Komisi B yang membidangi perekonomian ini meminta BUMDes juga bisa menyerap hasil tani masyarakat desa. Dengan begitu, petani tak perlu bingung menjual hasil pertanian mereka. Selain itu, tak ada lagi petani yang terjerat jual-beli dengan tengkulak.

Karena itu, BUMDes harus kreatif mengolah hasil pertanian menjadi makanan atau minuman yang menarik dan bisa dipasarkan secara luas. Tentu tak hanya menarik dari rasa tapi juga kemasan.

“Banyak hasil olahan yang bisa dikembangkan menjadi makanan dan minuman. Contohnya keripik pisang dan keripik singkong, ataupun sirup dan jus dari buah maupun tumbuhan. Semua itu bisa dikelola oleh BUMDes dan bisa menjadi ikon desa setempat,” Pungkas Aufa Zhafiri.

Editor : Ozie

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close