BisnisEkbisNasionalPolitik

APBN Talangi Rp20 T untuk Jiwasraya, Kamrussamad: Mending Sediakan Swab Gratis untuk Rakyat

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota DPR RI Komisi XI dari fraksi Gerindra Kamrussamad menilai langkah pemeritah yang berencana  menyuntikan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp20 triliun ke Jiwasraya langkah ironis.

Kamrussamad menilai, suntikan modal justru menjadi preseden buruk karena kelalaian manajemen harus ditanggung oleh pembayar pajak.

“PMN senilai Rp20 triliun kepada BPUI dinilai belum tentu mampu menyelesaikan masalah Jiwasraya,” kata Kamrussamad dalam keterangannnya, Kamis (24/9/2020).

Diberitakan, pemerintah telah menganggarkan dari APBN 2021 suntikan modal Rp20 triliun untuk PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). Dana ini untuk menyelesaikan persoalan Jiwasraya.

“Apakah Pantas di tengah rakyat berjuang menyelamatkan jiwa dari serangan Virus Covid-19, pemerintah justru mengalokasikan PMN Rp 20 triliun untuk Jiwasraya yang telah dirampok oleh direksi lama,” ujar politisi Partai Gerindra ini.

Dikatakannya, resesi ekonomi sudah terjadi, kebijakan stimulus ekonomi yang digelontorkan Pemerintah tidak mampu menahan kontraksi ekonomi di kuartal tiga.

“Sehingga harus ada evaluasi menyeluruh terhadap tim ekonomi Pemerintah yang telah gagal dalam menyelamatkan ekonomi nasional bukannya mengalokasikan PMN ke BUMN yang gagal menerapkan governance,” katanya.

Menurutnya, PMN Rp20 T yang bersumber dari APBN hasil penjualan SBN bisa dialihkan untuk pelayanan kesehatan berupa penyediaan alat test PCR atau Swab untuk rakyat secara gratis.

“Itu akan lebih berfaedah bagi rakyat,” pungkas Anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta III ini.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close