Regional

Profil Danang Wicaksana Sulistya, Putra Daerah Yang Siap Mengabdi

Pilkada Sleman

BIMATA.ID, SLEMAN — Sosok Danang Wicaksana Sulistya (DWS) yang dengan karakter supel diterima semua kalangan, dan bisa bergaul terhadap siapa saja kini dia kembali untuk mewakafkan dirinya di Kabupaten Sleman sebagai calon bupati setelah pilkada sebelumnya belum berhasil mendapatkan mandat rakyat bersama Dr Yuni Setia Rahayu.

Kali ini dia kembali bersama Raden Agus Choliq (ACH) sebagai calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) Pilkada Sleman 2020. Keduanya diusung oleh koalisi tiga partai — Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

DWS mengaku punya alasan kuat maju di Pilkada Sleman. Selain sejak kecil tumbuh dewasa di Sleman, dia menyoroti permasalahan yang dihadapi Sleman. DWS bertekad untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki Sleman sehingga Sleman semakin maju lagi.

“Saya melihat potensi ekonomi di masyarakat saat ini masih banyak yang belum dikembangkan. Ini yang mendorong saya untuk mengoptimalkannya,” kata dia, Selasa (11/8/2020).

Dia lahir di Yogyakarta, 4 Januari 1979, DWS bersekolah di kota pelajar ini sejak masih kecil. Namun pada saat SMA, ia menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara Magelang.

Lalu setelah lulus SMA, pada 1997 DWS kembali ke Jogja dan meneruskan pendidikan di jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Universitas Islam Indonesia (UII). Ia lulus pada 2002

Pada 1998 saat masih kuliah, DWS memiliki pengalaman organisasi sebagai Wakil Ketua 1 Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UII hingga 2001. Dirinya pun pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Program, Kompimataseni FTSP UII pada 2000 sampai 2022.

Saat ini DWS menduduki jabatan Ketua Bidang Informasi Strategis Dewan Pengurus Pusat Partai (DPP) Gerindra, sejak 2014.

Sebelum itu, pada 2012-2014 DWS telah pernah menjabat sebagai Ketua DPP Partai GERINDRA Bidang Pekerjaan Umum dan pada 2017-2018 sebagai Ketua DPD Partai GERINDRA Provinsi Kalimantan Timur.

Politikus dengan latar belakang teknik sipil ini menaruh perhatian lebih pada isu ketahanan pangan; kelompok pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah; serta industri pariwisata.

Ia pun kerap turun ke desa-desa untuk berinteraksi dengan para petani dan pelaku industri pangan skala kecil. Tak cuma itu, ayah dua anak ini juga tak enggan meluangkan waktu untuk sekadar menikmati kuliner dari pelaku usaha mikro.

Di samping itu, DWS juga menggemari kegiatan pariwisata, terutama dalam bentuk atraksi wisata petualangan.

Sebelumnya, DWS juga pernah mengikuti kontestasi Pilkada Sleman 2015. Berpasangan dengan Yuni Setia Rahayu, saat itu ia maju sebagai calon wakil bupati.

Namun, paslon yang diusung PDIP dan Partai Gerindra itu kalah dari pasangan Sri Purnomo – Sri Muslimatun, dengan perolehan suara sebanyak 225.338 (43.34%).

Usman

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close