BeritaRegional

Wagub DKI : Covid-19 Lebih Bahaya dari Perang Antar Negara

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Jakarta masih dalam keadaan bahaya karena wabah coronavirus. Menurutnya, kondisi saat ini dapat diartikan dalam suasana perang melawan penyakit yang tak terlihat itu. 

“Jadi kalau perang, kita bisa mengetahui kekuatan lawan, strategi bahkan upaya lawan dapat kita ketahui. Tetapi selama pandemi Covid-19 ini, kita tidak dapat mengetahui berapa jumlah virusnya, ada di mana, seperti apa kekuatannya, gimana cara menyerangnya dan sebagainya,” kata Riza, Senin (24/8/2020).

Dengan begitu, menurut Politikus Gerindra ini, virus Covid-19 lebih bahaya dari perang antar negara.

“Kita harus membayangkan suasana kita saat ini dalam suasana perang. Bahkan, lebih dari perang karena musuh ada di sekitar kita. Bahkan mungkin sudah ada di tubuh kita,” jelasnya.

Untuk itu, perlu ada langkah luar biasa dari pemerintah terlebih hingga sekarang ini Indonesia belum mempunyai vaksin.

Menurut para ahli, vaksin penyakit corona akan siap atau diproduksi pada akhir Desember 2020, itupun jika penelitian dilakukan dengan cepat dan tepat.

“Kalau sudah ditemukan vaksin, tetap masih butuh waktu produksi massal, distribusi, dan menyuntikan ke seluruh warga di dunia. Jadi, untuk Indonesia paling cepat dan paling hebat itu membutuhkan satu juta suntik satu hari,” jelasnya.

“Jadi kalau penduduk kita ada 267 juta, dibutuhkan hampir setahun agar warga Indonesia seluruhnya telah tervaksin,” lanjutnya.

Artinya, paling cepat akhir Desember 2021 atau tahun depan seluruh warga Jakarta bisa disuntik vaksin.

“Dalam kondisi itu mungkin kita baru dalam situasi kondisi yang lebih aman,” tutupnya.

Editor : Ozie

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close