Nasional

Mulai September, Siswa Dapat Kuota Gratis 35 GB, Guru 45 GB, Mahasiswa-Dosen 50 GB

BIMATA.ID, Jakarta – Siswa, guru, mahasiswa dan dosen akan mendapatkan kuota internet gratis demi mendukung pembelajaran atau pendidikan jarak jauh (PJJ) mulai September hingga Desember 2020.

Siswa akan memperoleh subsidi kuota internet sebesar 35 gigabyte (GB), guru 45 GB, mahasiswa-dosen 50 GB per bulan.

“Kami mohon agar sekolah segera mengidentifikasi nomor telepon siswa dan guru dan segera dimasukkan ke dalam data pokok pendidikan (Dapodik). Pemerintah memberikan kuota internet, sehingga yang diberikan tidak dalam bentuk uang,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sutanto, dikutip dari Antaranews.com, Kamis (27/8).

Dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, pemerintah memberikan subsidi kuota internet bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen sebesar Rp9 triliun.

“Alhamulillah kami dapat dukungan dari menteri-menteri untuk anggaran pulsa untuk peserta didik kita di masa PJJ ini, jadi dengan senang hati saya mengumumkan hari ini. Kami mendapat persetujuan anggaran Rp9 triliun untuk tahun ini,” kata Nadiem, dikutip dari Kompas.com, Jakarta, Kamis (27/8).

Lebih lanjut, Nadiem mengatakan, Kemendikbud juga memberikan tunjangan profesi untuk guru, tenaga kependidikan, dosen dan guru besar sebesar Rp1,7 triliun.

“Kami juga sudah mengamankan tambahan penerima tunjangan profesi dosen sebesar 1,7 T,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close