EdukasiRegional

Muhammad Sabiq Catat Sejarah Alumni Doktor Pertama S3 Sosiologi PPs-Unhas 

BIMATA.ID, MAKASSAR —  Muhammad Sabiq mencatat sejarah sebagai alumni pertama S3 Sosiologi PPs-Unhas. Dosen pada Universitas Cokroaminoto Makassar ini menjalani ujian promosi pada Rabu 12 Agustus 2020.

Prosesi ujian promosi doktor ini digelar secara daring dan luring. Adapun luring di ruang rapat senat FISIP Unhas, Tamalanrea, Makassar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Mahasiswa angkatan pertama S3 Sosiologi Unhas 2018 ini, meraih predikat Cum Laude dengan IPk 3.97. Judul penelitian disertasinya, ‘Fungsi Barakka Dalam Pembentukan Sistem Sosial Jamaah Tarekat Khalwatiyah Samman Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan’.

Hadir sebagai Pimpinan Sidang Prof Armin Arsyad yang juga merupakan Dekan FISIP Unhas.  Adapun Promotor & Co-Promotor yakni Prof Basyir Syam, Prof Mahmud Tang, Dr Mansyur Radiab. Sementara Tim Penguji, Prof Dr Tahir Kanawi, Dr Ramli, Dr Sakaria serta Penguji Eksternal, Dr Nurman Said.

Pada simpulan disertasinya dikatakan, fungsi barakka bagi Jamaah Tarekat Khalwatiah Zamman di Maros, meliputi tiga dimensi.

Pertama dimensi keagamaan berfungsi sebagai wujud ikrar seseorang untuk mematuhi segala ajaran Islam. Kedua, dimensi sosial, jadi kontrak sosial antara jamaah dan khalifah tentang kesepakatan untuk berbuat baik di masyarakat. Dimensi puncak, sebagai Khalifah Allah untuk dirinya sendiri maupun lingkungannya.

Seseorang telah berhasil dapat barakka dapat ditandai melalui tindakan sosialnya, baik secara personal maupun komunal dimana ia tidak menyalahi aturan agama maupun aturan sosial kemasyarakatan sistem sosial yang terbentuk sebagai struktur sosial dalam jamaah ini senantiasa diarahkan sebagai nilai spiritual.

“Barakka menjadi syarat mutlak seseorang hendak meraih perjalanan spiritualitas merupakan hubungan antara manusia dan Tuhan, “katanya.

Muhammad Sabiq menjalani profesi dosen, peneliti, wiraswasta dan juga muballigh. Dia tertarik mempelajari ilmu sosial, agama, filsafat dan selalu bersemangat meneliti fenomena sosial (sekitar) dan menghubungkan dengan kepercayaan atau agama.

Lahir di  Bone,  1970, setelah tamat Madrasah Aliyah di Ponpes DDI Mangkoso Barru, lanjut di Universitas Al- Azhar Kairo, Mesir, jurusan Studi Islam dan Bahasa Arab (1991-1996). 

Kembali ke Indonesia lanjut di  Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta.  Jadi Guide Executive of Umrah/Haji PT. Tiga Utama, konsultan Bahasa Arab, Penceramah, dan Direktur Utama PT. Mubina Mutiara Wisata, sekaligus Pemilik Yayasan Mutiara. Aktif menulis buku dan artikel pada jurnal bereputasi dan terindeks Scopus.

Yahya/Usman

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close