BeritaEkonomiPertanianRegional

Mentan : Pembangunan Food Estate di Kapuas dan Pulau Pisau Kalimantan Dalam Proses

BIMATA.ID, JAKARTA-  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Mengungkapkan bahwa pembangunan Food Estate di Kapuas dan Pulang Pisau Kalimantan Tengah dilakukan dengan intensifikasi atau pengoptimalan lahan.

“Food Estate yang diusung ini merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan dan peternakan di suatu kawasan daerah,” ujarnya,

Kegiatan pembangunan ini bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain, Kementerian Pertanian, Kementerian Pertahanan, TNI, Kementerian PUPR, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, GAPOKTAN dan lain-lain.

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) merupakan salah satu mitra kerja Pemerintah. Di bawah pimpinan Ketua Umum Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko, HKTI ikut menggerakkan beberapa gabungan kelompok petani binaan dalam percontohan penanaman di beberapa area Food Estate ini.

“Pak Moeldoko membina secara langsung Koperasi HKTI Tamara (Tani Makmur Sejahtera) dengan Kelompok Tani, dan membangun M-Tani sebuah perusahaan pertanian yang dapat menghasilkan bibit unggul padi seperti M70D dan M 400, benih sudah ditanam di beberapa daerah dan terbukti panen lebih cepat dan melimpah, dalam satu tahun panen hingga empat kali. Selain itu dalam satu hektar dapat panen hingga 8 -10 ton. Sesuai dengan motto M-Tani yaitu mudah, murah, melimpah, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup petani,” ujar Sekertaris Koperasi HKTI Tamara Annisa Lifta Kurnia Dewi.

Ia juga memberitahu bahwa rencana pada awal program Food Estate, Moeldoko akan memberikan fasilitas bibit padi unggul untuk satu cluster percontohan di Food Estate Kalimantan Tengah tersebut. Dan program tersebut akan dibina langsung oleh expertise dari M-Tani yang berkolaborasi dengan Koperasi HKTI Tamara.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close