BeritaNasionalPerikanan

Mendagri Minta Para Gubernur Dukung Program Pengembangan Tambak Udang

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta para gubernur di seluruh tanah air agar mendukung program pengembangan tambak udang dan peningkatan kenyamanan berusaha budidaya udang.

Hal itu dalam rangka mendukung pengelolaan sumberdaya perikanan budidaya berkelanjutan. Selain itu untuk mendukung pelaksanaan proyek prioritas strategis revitalisasi tambak di kawasan sentra produksi udang dan bandeng.

Permintaan itu disampaikan Tito dalam surat edaran kepada seluruh gubernur. Surat itu dikeluarkan di Jakarta pada (10/20).

Tito menyebut surat edaran itu dilandasi adanya Peraturan Presiden No 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024. Para gubernur diminta bersinergi dalam perencanaan pembangunan sesuai arahan RPJMN.

“Perlu didukung dengan sinergitas perencanaan pembangunan dan penyederhanaan perizinan untuk kemudahan berusaha sehingga menciptakan lapangan kerja. Itu dilakukan baik di tingkat pusat maupun daerah,” kata Tito. Kamis,(13/8/2020).

Untuk tercapai tujuan tersebut, dia meminta para gubernur agar melakukan pembinaan terhadap penyederhanaan perizinan melalui Online Single Submission (OSS) sesuai ketentuan UU yang berlaku. Selain itu, para gubernur harus memberikan dukungan program dan kegiatan dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah seperti RPJMD dan RKPD.

“Kemudian mengalokasikan anggaran dalam APBD guna mendukung pencapaian target nasional budidaya udang,” tutup Tito.

Editor : Ozie

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close