BeritaNasionalPolitik

KPU Targetkan Partisipasi Pemilih Di Pilkada Serentak Mencapai 77,5 Persen

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman menyampaikan, KPU RI menargetkan 77,5 persen partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

“Target kita sebetulnya sama dengan pemilu-pemilu sebelumnya, ya 77,5 persen,” ucapnya, dalam diskusi yang dilakukan secara virtual di Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Arief menjelaskan, target KPU RI 77,5‎ persen itu ‎karena yakin masyarakat yang akan mencoblos pada 9 Desember 2020 mendatang akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kalau masyarakat merasakan takut, sebetulnya salah satu kuncinya adalah menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Kendati demikian, Arief mengimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu takut datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) melakukan pencoblosan. Karena di TPS, penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) telah menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau kekhawatirannya masyarakat tidak berkenan bersedia was-was, takut gunakan hak pilihnya, sebenarnya sudah ada protokol kesehatan yang kami atur,” imbuhnya.

Arief menyatakan, di setiap TPS, Kelompok Penyelenggara Pemungutann Suara (‎KPPS) menerapkan protokol kesehatan yang ketat., seperti memakai masker, face shield, dan sarung tangan.

“Jadi menjadi tugas bersama untuk meyakinkan kepada masyarakat sepanjang menerapkan protokol kesehatan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” tandasnya.

‎Kemudian, Arief mengungkapkan, KPU RI juga akan terus melakukan sosialiasi kepada masyarakat untuk bisa mencoblos pada Pilkada Serentak. Sehingga, target KPU RI tentang partisipasi pemilih dapat tercapai.

“Empat bulan ke depan, sebelum hari pemungutan suara tentu menjadi tugas bersama kita, menginformasikan, menyosialisasikan, mengajarkan kepada masyarakat bagaimana merespon supaya pandemi Covid-19 ini tidak menyebar,” pungkasnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close