BeritaBisnisEkonomiEnergiInternasionalNasional

Indonesia Produsen Panas Bumi Nomor 1 Se-Asia Tenggara

BIMATA.ID, JAKARTA- Salah satu sumber energi terbarukan yang banyak tersedia di Indonesia adalah panas bumi alias geothermal. Kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Indonesia saat ini sudah mencapai 2,1 Gigawatt.
Direktur Panas Bumi Kementerian ESDM Ida Nuryatin mengungkapkan, jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai produsen panas bumi nomor 1 di kawasan Asia Tenggara. Tak hanya itu, Indonesia juga merupakan penghasil energi panas bumi nomor 2 di dunia, hanya kalah dari Amerika Serikat (AS).
“Nah ini gambaran dari perkembangan energi listrik terbarukan di ASEAN status saat ini. Kita ketahui di sini bahwa pembangkit listrik tenaga panas bumi kapasitas di Indonesia ini sekarang ini 2,1 Gigawatt. Kita ini peringkat 1 di ASEAN dan nomor 2 di dunia setelah Amerika,” kata Ida.
Untuk pembangkit listrik biomassa di Indonesia kapasitas terpasangnya telah mencapai 1,8 Gigawatt atau tertinggi nomor 2 di ASEAN setelah Thailand. Pembangkit hidro juga tidak kalah bersaing.
“Kemudian kalau pembangkit listik tenaga hidro Indonesia menjadi share PLTA sekitar 20 persen di ASEAN setara dengan Malaysia dan Laos, tetapi masih di bawah Vietnam sekitar 27 persen,” ujar Ida.
Ida mengakui kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia masih tertinggal jauh di ASEAN. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) juga masih rendah. Namun sudah mulai meningkat.
“Pembangkit Listrik Tenaga Bayu mulai signifikan dengan adanya pembangunan di Tolo dan Sidrap yang diresmikan Pak Presiden. Namun, total kapasitasnya juga masih tertinggal dibandingkan Thailand, Filipina, Vietnam,” ungkap Ida.
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close