BeritaHeadlinePolitikRegional

Diusung Tiga Partai Sebagai Cabup Sleman, Berikut Profil Singkat DWS

BIMATA.ID, Sleman – Danang Wicaksana Sulistya (DWS) resmi menggandeng Agus Choliq (ACH) dalam bursa pencalonan Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sleman 2020.

Pasangan calon (Paslon) tersebut diusung oleh tiga partai, yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

DWS mengaku, punya alasan kuat untuk maju pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Sleman 2020. DWS menyoroti berbagai permasalahan yang ada dan berupaya mengoptimalkan potensi yang dimiliki Kabupaten Sleman.

Pria yang lahir di Kota Yogyakarta, 4 Januari 1979 ini, sejak kecil menempuh pendidikan di Kota Yogyakarta. Namun, pada saat Sekolah Menengah Atas (SMA), DWS menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara Magelang.

Setelah lulus SMA pada tahun 1997, DWS kembali ke Yogyakarta dan meneruskan pendidikan di Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Universitas Islam Indonesia (UII) dan berhasil mendapatkan gelar sarjana pada tahun 2002.

Ketika masih kuliah, pada tahun 1998 hingga 2001, DWS memiliki pengalaman organisasi sebagai Wakil Ketua I Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil FTSP UII. DWS juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Program, Kompimataseni FTSP UII pada tahun 2000 sampai 2022.

Saat ini, DWS menduduki jabatan sebagai Ketua Bidang Informasi Strategis Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Gerindra, sejak tahun 2014. Sebelumnya, pada tahun 2012 hingga 2014, DWS pernah menjabat sebagai Ketua DPP Partai Gerindra Bidang Pekerjaan Umum dan pada tahun 2017 sampai 2018 menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Povinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Terkait pencalonan sebagai Bupati Kabupaten Sleman, politisi lulusan Teknik Sipil UII ini menaruh perhatian lebih pada isu ketahanan pangan, kelompok pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan industri pariwisata.

DWS pun kerap turun ke desa-desa untuk melakukan interaksi dengan para petani dan pelaku industri pangan skala kecil. Tidak hanya itu, ayah dua anak ini juga tidak lupa meluangkan waktu untuk sekadar menikmati kuliner dari pelaku usaha mikro. Kemudian, DWS juga menggemari kegiatan pariwisata, terutama dalam bentuk atraksi wisata petualangan.

Sebelumnya, DWS pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati pada Pilbup Kabupaten Sleman 2015. Kala itu, DWS berpasangan dengan Yuni Setia Rahayu. Namun, Paslon yang diusung PDIP dan Partai Gerindra tersebut kalah dari pasangan Sri Purnomo dan Sri Muslimatun, dengan perolehan suara sebanyak 225.338 (43.34%).

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close