BisnisEkonomi

BULOG Raih Penghargaan Stabilisator Harga Pangan

BIMATA.ID, Jakarta – Kementerian Perdagangan memberikan penghargaan atas peran Perum BULOG yang sangat strategis dan penting, khususnya selama masa Pandemi Covid-19, dalam upaya menjaga kelancaran dan stabilisasi harga pangan, sekaligus membantu percepatan pemulihan roda perekonomian nasional, terutama dalam penyediaan kebutuhan pangan pokok.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Direktur SDM dan Umum Perum BULOG Bagya Mulyanto yang mewakili Dirut Perum BULOG Budi Waseso, di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (25/8).

Penghargaan yang sama diberikan kepada pelaku usaha di bidang pangan lainnya dan juga kepada satuan tugas (Satgas) Pangan Mabes Polri. Perum BULOG dan Satgas Pangan merupakan dua institusi yang mendapatkan penugasan khusus Presiden untuk memantau dan menjaga stabilisasi harga pangan dalam situasi luar biasa seperti saat ini.

Direktur SDM dan UMUM Perum BULOG Bagya Mulyanto mengatakan, Perum BULOG berterimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh kementeriam perdagangan atas kerja keras yang telah dilakukan Perum BULOG di tengah situasi yang sulit seperti sekarang, pengendalian harga membutuhkan respons cepat dan kerjasama, mengingat kepentingan rakyat banyak lah yang menjadi prioritas Perum BULOG.

“BULOG berharap dukungan yang terus menerus dari kementerian perdagangan seperti saat ini akan memberikan atmosfir sinergi yang kuat, baik pihak regulator maupun pelaku usaha sehingga akan mendorong kerjasama yang lebih luas dalam upaya menjaga stabilasasi pangan nasional bersama-sama,” kata Bagya Mulyanto.

Bagya kemudian menceritakan, begitu Presiden mengumumkan kasus Covid-19 muncul di Indonesia dan pandemik yang meluas, manajemen BULOG langsung mengaktifkan status krisis, guna memastikan distribusi bahan pangan pokok, serta jalur dengan petani tidak mengalami gangguan, terlebih dalam memastikan jalur distribusi agar tetap lancar apapun resiko dan situasinya.

“Bayangkan, dengan wilayah yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, BULOG harus menjamin kebutuhan pangan pokok harus terjaga dan terjangkau agar tidak menambah eskalasi krisis. Stok pangan harus cukup dan tersedia di gudang-gudang BULOG di seluruh Indonesia, enam bulan sampai setahun ke depan, karena akan membuat harga stabil dan rakyat tidak perlu panik. Dengan demikian rakyat dan petani menjadi tenang, dan pada akhirnya ikut menggerakkan roda perekonomian di masa Pandemi Covid-19,” katanya.

Bagya menjelaskan, Perum BULOG selalu siap untuk mendorong berjalannya roda perekonomian dalam bidang pangan, dengan terus menyerap produksi dalam negeri dan menyalurkan kembali demi menjaga stabilisasi harga pasar.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, penanganan kondisi Pandemi Covid-19 ini sangat membutuhkan kerjasama erat antar lembaga dan pelaku usaha karena hanya dengan koordinasi yang kuat dapat mewujudkan tujuan pemerintah, yaitu mengamankan pasokan pangan pokok dengan harga yang stabil di seluruh Indonesia.

Agus juga menyampaikan berbagai kebijakan dan langkah stabilisasi harga barang kebutuhan pokok yang dilakukan berjalan dengan efektif karena didukung oleh seluruh pihak, baik BUMN, khususnya BULOG, pemerintah daerah, pelaku usaha, masyarakat dan Satgas Pangan Polri sebagai pihak penegak hukum dan pengawal kelancaran distribusi.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close