BeritaPolitikRegional

Bawaslu Dharmasraya Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada 2020

BIMATA.ID, Dharmasraya – Ratusan Pembina Praja Muda Karana (Pramuka) Satuan Karya (Saka) Adhyasta mengikuti sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya di Gedung Pertemuan Hotel Umega, Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (11/8/2020).

“Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri, diharapkan Pramuka mampu melebarkan fungsi partisipasinya sebagai pengawas Pemilu, terutama dalam mengawasi aktivitas di media sosial, politik uang, dan dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN),” ucap Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Dharmasraya, Laila Husni.

Kemampuan Bawaslu dalam pengawasan sangat terbatas, karena luasnya ruang lingkup wilayah objek pengawasan tidak sebanding dengan petugas pengawas Pemilihan Umum (Pemilu) yang ada.

Sementara, untuk menjamin kesetaraan hak demokrasi warga negara dalam setiap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 mutlak harus dilakukan, karena berkaitan dengan misi yang diamanahkan kepada setiap lembaga pelaksana dan pengawas Pemilu untuk melahirkan pemimpin berkualitas melalui Pemilu yang berintegritas.

“Untuk mewujudkan semua itu, jelas merupakan tanggung jawab kita semua selaku warga negara Indonesia,” imbuh Husni.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close