BeritaKesehatan

Wanita Yang Menstruasi Dini Lebih Berisiko Rasakan 2 Gejala Menopause Ini

BIMATA.ID, Jakarta- Waktu pertama kali seorang wanita mengalami menstruasi tentu berbeda-beda. Tapi, waktu mulainya menstruasi ternyata memengaruhi kondisi selanjutnya. Menurut sebuah studi, menstruasi dini meningkatkan kemungkinan hot flashes dan keringat malam hari ketika menopause.

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti dari University Queensland yang telah diterbitkan dalam International Journal of Obstretic and Gynecology.

Dalam penelitian yang dilansir dari Times of India, mereka melihat data lebih dari 18 ribu wanita paruh baya dari Amerika Serikat, Inggris dan Australia. Data tersebut telah dianalisis oleh para peneliti Sekolah Kesehatan Masyarakat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak perempuan yang mengalami menstruasi pada atau sebelum usia sebelas tahun, berisiko lebih tinggi mengalami dua gejala tersebut. Dr Hsin-Fang Chung dari University of Queensland mengatakan dua gejala itu termasuk gejala vasmotor selama menopause.

Data yang dikumpulkan dari peneliti ini lantas dibandingkan dengan data wanita yang mulai menstruasi pada usia 14 tahun atau lebih. Peneliti pun kembali menemukan bahwa wanita yang mulai menstruasi lebih awal memiliki peluang lebih tinggi mengalami dua gejala tersebut, daripada hanya satu gejala saja.

Peneliti sebelumnya juga mengaitkan menstruasi dini atau lebih awal dengan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, obesitas juga memainkan peran utama. Wanita yang mulai menstruasi lebih awal dan kelebihan berat badan selama usia paruh baya memiliki risiko 2 kali lebih besar untuk mengalami keringat malam dan hot flashes.

Berbeda dengan wanita yang baru mulai menstruasi di usia 14 tahun atau lebih dan memiliki ukuran berat badan yang normal.

Jadi, penelitian ini menunjukkan bahwa wanita yang mulai menstruasi lebih dini harus memperhatikan aktivitas fisik yang cukup selama masa dewasa. Cara ini bisa mengurangi risiko seseorang mengalami gejala menopause.

(FID)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close