BeritaBisnisEkonomiNasionalOpiniProperti

PWS Merupakan Karya Anak Bangsa Yang Perlu Diapresiasi dan Dikembangkan Pemerintah

BIMATA.ID, JAKARTA- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung setiap inovasi di bidang teknologi yang digunakan untuk sektor perumahan dalam penyediaan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah ( MBR). Salah satu inovasi teknologi tersebut adalah pembangunan rumah menggunakan Prima Wall System ( PWS). Inovasi teknologi tersebut dikembangkan oleh PT Prima Graha Bangun Tunggal.

“Prima Wall System (PWS) merupakan karya anak bangsa yang perlu diapresiasi dan dikembangkan,” ujar Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Aabdul Hamid.

Kementerian PUPR juga berharap sistem ini dapat terus dikembangkan, digunakan, serta diekspor, karena menyangkut industri turunannya. Terutama, pada saat Pandemi Covid-19 karena akan menyerap banyak tenaga kerja dalam produksinya.

“Inovasi pembangunan perumahan tersebut juga dapat digunakan sebagai alternatif bagi para pengembang dalam membangun rumah bagi masyarakat,” ujar Khalawi.

Direktur PT Prima Graha Bangun Tunggal Joseph Adian Chandra menjelaskan mekanisme pembangunan rumah menggunakan sistem tersebut yang telah diuji secara 2D dan hasilnya baik, tidak retak, goyang, maupun miring. Bahkan, proses pembangunan hunian menggunakan sistem PWS ini hanya membutuhkan waktu 20 hari untuk membangun rumah tipe 35.

“Sedangkan anggarannya membutuhkan biaya Rp 99 juta,” imbuhnya.

Joseph optimistis, sistem PWS akan menjadi alternatif bagi para pengembang untuk membangun rumah MBR, meskipun sudah ada produk serupa dari luar negeri yang menggunakan sistem tersebut.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close