Berita

Program P3-TGAI Tingkatkan Kinerja Irigasi Desa

BIMATA.ID, JAKARTA- P3-TGAI merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan dan peningkatan produksi tani. Melalui program ini, masyarakat dilibatkan dalam pembangunan irigasi kecil atau tersier di bawah 150 hektar dengan melibatkan langsung P3A atau GP3A.

P3-TGAI didampingi oleh Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM).  Kegiatan P3-TGAI ini merupakan program padat karya,  karena manfaat untuk masyarakat pedesaan sangat besar.

Ketua P3A Karya Tani, Desa Ciuyah, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon sekaligus pelaksana kegiatan tersebut, Pathi mengungkapkan, dirinya mengaku senang dengan adanya program ini. Pasalnya, menurut dia, program ini sangat dibutuhkan masyarakat khususnya mitra cai, karena di saluran tersier masih banyak yang harus dibenahi.

“Alhamdulillah tahun ini dapat, untuk selanjutnya di tahun yang akan datang atau tahun depan bisa dilanjut (karena masih banyak saluran tersier yang belum disender atau di lining). Kami ingin menghidupkan kembali saluran-saluran yang sudah mati, supaya hidup kembali,” ujarnya.

Pathi memaparkan, pekerjaan saluran tersier yang tengah dikerjakanya ini dengan panjang 194 meter x 2 meter (kanan dan kiri).  Kedua sisi saluran ini diplester, namun untuk bagian lantai tidak diplester. Dia mengaku, pihaknya melaksanakan pembangunan ini telah sesuai dengan bestek dan berpedoman pada RAB yang ada.

“Saya mempunyai keyakinan bahwa pekerjaan ini tidak boleh di sub-kan, karena kalau yang mengelola pihak kedua atau rekanan itu hasilnya kurang memuaskan. Tapi kalau kita kerjakan oleh kelompok tani, rasa memilikinya besar sekali,  sehingga hasil pekerjaan sangat memuaskan supaya umur pekerjaan akan lebih lama dinikmati,” ujarnya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close