BeritaNasional

Pemprov DKI Kebut Normalisasi Sungai Sisi Barat

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal melanjutkan normalisasi sungai di sisi Barat, salah satunya di kali Angke, Jakarta Barat. Kawasan ini dinilai selalu menjadi langganan banjir dikarenakan kapasitas sungai tidak lagi mampu menampung air hujan.

“Di lokasi tersebut, memang daerah banjir gara-gara ada beberapa titik bidang yang belum kena sheetpile (normalisasi dengan dinding turap). Kita terkendala oleh pembebasan lahan. Tadi, pak Wakil Gubernur meninjau ke sana dan memberi arahan supaya segera diselesaikan bidang-bidang yang belum kita bayarkan,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Juaini Jusuf, Kamis (9/7/2020).

Diakuinya, dalam peninjauan aliran air sisi barat ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria langsung menemui pemilih lahan yang lokasinya akan digunakan untuk kepentingan umum tersebut. Dia memastikan, pemilik lahan telah setuju untuk dibebaskan dengan harga appraisal agar normalisasi Kali Angke segera dikebut.

“Dari Kementerian PUPR juga sudah siap, kan kita lihat banyak dinding turap yang sudah ditaruh di pinggir-pinggir kali itu. Kalau kita sudah bayar, kan kita bebaskan, nanti dari Kementerian akan melanjutkan normalisasi kali itu. Jadi kita membebaskan lokasi, fisiknya kontruksinya nanti dari Kementerian yang akan mengerjakan,” katanya.

Dia menyebut, pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Angke itu akan dilakukan paling telat bulan Agustus ini. Sedikitnya, tegas Juaini, ada delapan bidang lahan yang akan segera dibebaskan tahun ini dengan luas sekitar 300 meter persegi per bidang.

“Ada delapan bidang yang sudah siap kita bayarkan. Luasnya beragam, ada yang 300 meter persegi dan lainnya. Nanti ada harga appraisal. Tapi di titik itu, lahan yang belum kita bayarkan mencapai 8000 meter persegi. Lebih lanjutnya, kita akan koordinasi dengan Kementerian PUPR,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau sejumlah titik banjir yang kerap terjadi di Ibu Kota. Dia meninjau sepanjang aliran Kali Angke di dua kelurahan, yaitu Kelurahan Kedoya Utara dan Duri Kosambi, Jakarta Barat.

“Jadi hari ini saya melakukan peninjauan survei di titik-titik banjir di wilayah Kedoya Utara dan Duri Kosambi di Jakarta Barat. Sesuai dengan petunjuk arahan gubernur agar kita bisa melakukan percepatan, pencegahan, dan penanganan banjir di wilayah DKI Jakarta,” kata Ariza dalam keterangannya, hari ini.

Ariza mengatakan, Pemprov DKI akan melakukan berbagai percepatan untuk pencegahan dan penanganan banjir, seperti pembebasan lahan, pembangunan sheet pile dan sistem folder.

(FID)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close