Politik

Novita Wijayanti, Bekali Warga Desa Doplang Empat Pilar Kebangsaan

BIMATA.ID, CILACAP — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Gerindra Dapil Jateng VIII, Novita Wijayanti kembali membekali masyarakat dengan melakukan sosialiasi empat pilar MPR RI di Desa Doplang, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Minggu, 19 Juli 2020.

Dalam kegiatan sosialiasi empat pilar kali ini, Novita Wijayanti tidak lelah untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya membumikan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar.

“Empat pilar terdiri dari dari Pancasila yang merupakan pondasi hidup kita sebagai ideologi bernegara, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai dasar konstitusi bernegara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara berdaulat, dan Bhineka Tunggal Ikha sebagai filosopi keberagaman,” kata Novita Wijayanti.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini dihadiri oleh Perwakilan Anak Cabang (PAC) dan ranting serta tokoh masyarakat, perangkat desa dan kelompok tani di Desa Doplang.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan protocol kesehatan Covid-19, wajib mencuci tangan, pengecekan suhu dan wajib menggunakan masker serta menjaga jarak.

Novita Wijayanti yang merupakan anggota komisi V DPR RI menerangkan bahwa sosialiasi empat pilar dilakukan sebagai upaya menyelaraskan antara pengetahuan materi dan implementasi nilai-nilai dalam aktivitas dan kegiatan sehari-hari.

“Permaslahan yang terjadi saat ini perlu jawabannya bahwa pancasila adalah dasar negara yang harus menjadi moral setiap individu baik dalam bermasyarakat maupun bernegara. Banyak yang mengaku memahami pancasila, tetapi sekedar diucapan. Sementara nilai-nilai penerapan pancasila dalam kehidupan sehari-hari malah diabaikan. Dengan adanya sosialiasi ini, peserta yang hadir dapat mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dan pilar lainnya di kehidupan bermasyarakat. Sebagi contoh dimasyarakat”, terang Novita.

Menurut Novita, peserta sosialiasi yang mewakili berbagai unsur lapisan masyarakat perlu membumikan ajaran-ajaran empat pilar terutama pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Apalagi ditengah pandemi covid-19 saat ini, nilai-nilai dalam pilar bangsa ini dapat diterapkan agar kuat bersama menghadapi cobaan saat ini. Kita perlu tingkatkan gotong royong disaat-saat seperti ini, saling bantu, tenggang rasa dan hal ini harus dilakukan”, tambah Novita Wijayanti yang termasuk diantara 100 Tokoh Berprestasi di Jawa Tengah ini.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Doplang mengapresiasi kegiatan sosialiasi empat pilar yang dilakukan Novita Wijayanti ini. Menurutnya, kegiatan ini makin memperkenalkan empat pilar kehadapan masyarakat.

Termasuk mengingatkan kepada elit lokal untuk dapat menjadi contoh kepada masyarakat, terutama dalam penerapan nilai-nilai empat pilar dalam kegiatan sehari-hari.

“Saya apresiasi kehadiran ibu Novita Wijayanti dan timnya di desa Doplang dalam mensosialisasikan empat pilar dan mengajak peeserta untuk membumikan nilai-nilai empat pilar dalam kehidupan bermasyarakat”, Ungkap kepala desa (Kades) Doplang-Cilacap Budi

Usman

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close