BeritaOpiniPerkebunanPolitikRegionalUmum

DWS : Mulai Dari Hal Kecil, Kita Bisa Menjaga Kelestarian Alam

BIMATA.ID, JAKARTA- Merawat bumi melalui memelihara lingkungan hidup sangatlah penting dan strategis demi masa depan generasi selanjutnya. Contohnya menanam pohon ataupun tidak membuang sampah sembarangan merupakan langkah kecil yang dapat dilakukan oleh siapa saja.

Hal itu disampaikan secara langsung oleh Politisi Partai Gerindra, Danang Wicaksana Sulistya (DWS), saat menanam sejumlah pohon beringin (ficus benjamina) di puncak Bukit 76, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

Jika masing-masing penduduk menanam di sekitar daerah pemukimannya, niscaya bumi akan memberikan kehidupan yang lebih baik kepada manusia.

“Selain untuk menahan erosi, perakaran beringin menurut beberapa sumber yang saya baca mampu mengikat air. Sehingga diharapkan turut serta dalam upaya mengkonservasi sumber air di Sleman. Yang kita lakukan adalah demi masa depan generasi Indonesia. Mulailah menanam agar bumi juga memberikan kehidupan bagi masyarakat Indonesia mendatang,” kata DWS.

Menurut DWS, upaya penanaman harus terus dilakukan karena dirinya kerap mendapatkan keluhan petani sekitar yang mengadu kesulitan mendapatkan air. DWS juga mengajak sejumlah pemuda yang datang dalam kegiatan penanaman tersebut untuk terus menggali kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Tugas kita sebagai warga negara salah satunya mendukung upaya pemerintah, caranya bisa dengan ikut menanam di lokasi-lokasi kritis seperti ini. Apalagi ini sangat terkait masa depan lingkungan bagi anak cucu kita kelak,” ungkap DWS.

Terkait ketersediaan air, DWS mengaku telah memberikan perhatian lebih. Data-data warga yang mulai kehilangan sumber air sejauh ini terus dikumpulkannya dari berbagai laporan warga. Saat ini yang bisa dia lakukan hanya berusaha ambil bagian dalam menghijaukan daerah tangkapan air yang rusak. DWS enggan menyalahkan kondisi lingkungan saat ini. Semua bergantung kepada niat dan cara mencari jalan keluar bersama. Jika dilakukan dengan pendekatan yang baik, DWS yakin banyak kegiatan ekonomi dapat dilakukan selaras dengan upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Intinya, kita lakukan dari hal paling kecil, paling dekat, dan paling cepat yang kita bisa. Ikut tanam pohon misalnya,” tutur DWS.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close