BeritaNasional

Lebih Dari 7.000 Anak Positif Covid-19, Jutaan Lainnya Tertekan Karena PSBB

BIMATA.ID, Jakarta- Penularan Virus Corona di Indonesia juga menyasar anak dan balita di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat sekira 8,1% atau lebih dari 7.000 anak di Indonesia terpapar Covid-19.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kementerian Kesehatan, Fidiansjah mengatakan, bahwa jumlah populasi anak kurang dari 18 tahun termasuk dalam kandungan di Indonesia sebanyak 30,1% dari jumlah penduduk atau sekitar 79,5 juta.

“Jumlah anak di populasi Indonesia itu menempati 30% sekian, artinya ada sekitar 79 setengah juta,” katanya beberapa waktu lalu.

“Kita harus juga lihat perbedaan populasi anak tadi per definisi di bawah 18 tahun. Tapi ada dua kelompok besar yang disebut anak usia dini di bawah 6 tahun dan anak memang usia sekolah. Ini dua karakteristik yang berbeda,” sambungnya.

Dari jumlah anak Indonesia tersebut, kata dia sebanyak 8,1% terpapar virus Covid-19. Dari catatan Kemenkes, sebanyak 8,6% dirawat, 8,3% sembuh dan 1,6% meninggal.

“Yang ini juga merupakan salah satu yang akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam paparan Covid itu sendiri,” jelasnya.

“Dan apa yang terjadi dari data tersebut bahwa ada sekitar per tanggal 19 Juli itu 8,1% itu positif Covid. Dan diantaranya kemudian 8,6% dirawat, 8,3% sembuh dan kita juga tentu berduka ada 1,6% meninggal. Ini adalah data dengan Satgas Covid yang dapat kita coba ambil sebagai suatu gambaran,” bebernya.

Sementara itu kata dia, Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus mata rantai virus Covid-19 ternyata mempengaruhi psikologis anak.

“Sehingga, orangtua harus memberikan pendampingan penuh terhadap kejiwaan anak,” tutup Fidiansjah.

Sementara itu, angka anak yang tertular Covid-19 juga masih tinggi di Jawa Timur. Sebanyak 1.295 anak-anak di Jawa Timur terpapar Virus Corona tiga di antaranya meninggal dunia.

Sementara, pasien anak yang masih dirawat lebih dari 600 orang, dengan sisanya sudah dinyatakan sembuh. Sementara itu, jumlah total kasus Covid-19 di Jawa Timur mencapai angka 19.093 kasus dan meninggal dunia 1.496 sedangkan yang dirawat 7.137 sembuh 10.460 orang.

(FID)

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close